@article{pgsdunars, author = {Nur Sari and Siti Rokmanah and Syachruroji Syachruroji}, title = { FAKTOR DAN PERMASALAHAN DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR}, journal = {Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS}, volume = {14}, number = {2}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = {Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi beberapa permasalahan dalam pembelajaran yang dialami oleh siswa dan guru, artikel ini dapat memberi kemudahan untuk mengenal berbagai macam permasalahan dalam pembelajaran. Pada proses pembelajaran di sekolah dasar, guru dan siswa tentunya ingin memperoleh hasil belajar yang sebaik-baiknya. Namun untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut pastinya selalu terdapat kendala atau masalah yang menghalangi dalam pencapaian tujuan tersebut. Masalah pembelajaran adalah berbagai permasalahan yang dapat menggangu, mempersulit, menghambat atau bahkan mengakibatkan kegagalan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Hal tersebut bisa terjadi bukan hanya dari siswanya saja, tetapi bisa saja dari faktor guru atau bahkan dari kurikulum pendidikan itu tersendiri. Untuk dapat lebih meningkatkan keberhasilan dalam proses pembelajaran dapat dilakukan melalui beberapa upaya perbaikan dalam proses pembelajaran tersebut. Di dalam proses perbaikan, peranan guru sangatlah penting karena guru adalah selaku pengelola kegiatan belajar mengajar di kelas.}, issn = {2656-4459}, pages = {34--45}, doi = {10.36841/pgsdunars.v14i2.3903}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3903} }