OPTIMALISASI LITERASI NUMERASI PADA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR MELALUI IMPLEMENTASI POHON NUMERAS
Abstract
Penelitian ini membahas optimalisasi literasi numerasi dalam konteks program kampus mengajar melalui implementasi pohon numerasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan implementasi pohon numerasi dalam meningkatkan pemahaman numerasi siswa, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat keberhasilan dari implementasi pohon numerasi dan untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap optimalisasi literasi numerasi pada program kampus mengajar. Penelitian ini menggunakan metode mix methode atau metode campuran yaitu mengadopsi dua pendekatan sekaligus (kualitatif dan kuantitatif) dengan teknik angket dan pretest-posttest. Hasil dari penelitian ini melalui pohon numerasi yang dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa dan juga hasil angket yang termasuk ke dalam kategori sangat praktis. Keterampilan awal pengajar, ketersediaan peralatan dan fasilitas yang dimiliki sekolah, serta penggunaan konteks formal, nonformal, dan informal merupakan faktor-faktor yang membantu terselenggaranya pembelajaran. Kurangnya kemampuan berpikir kritis dan nalar siswa, program literasi numerasi yang tidak tepat, serta tidak adanya pelatihan dan sosialisasi literasi numerasi menjadi kendalanya.
References
Boru, M. J., & Hariyana, N. (2022). Peran Program Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Komptensi SDN Sepatan III Kabupaten Tangerang. Abdimas Patilaka: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 1 No. 4, 316-324.
Iriawan, S. B., & Saefudin, A. (2021). Buku Saku Utama Aktivitas Mahasiswa. Program Kampus Mengajar 2021. Jakarta: Kementerian Agama dan Kebudayaan.
Juniarso, T. (2019). Literasi matematika mahasiswa dengan gaya belajar visual. Malih Peddas (Majalah Ilmu Pendidikan Dasar, Vol. 9 No. 2, 100-109.
Kemendikbud. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. Retrieved from Kemendikbud.go.id: https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/hasil-pisa-indonesia2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas/
Meliyanti, M., Raraswati, P., Hidayat, D. N., & Aryanto, S. (2021). Kajian Literatur: Perkembangan Literasi dan Numerasi di Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 5 No. 3, 6504-6512. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1973
Nurhasanah, A. D., & Nopianti, H. (2021). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Lancang Kuning, 166-173.
Nurhayati, A. A., Lubis, E., & Dkk. (2022). Pengembangan Pemahaman Kegiatan Nurmerasi Terhadap Siswa-Siswi di SMP Negeri Satu Atap 3 Pubian, Lampung Tengah. Empower. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 1 No.5, 760-766.
Pendidikan, K., Teknologi, D. N., & Dasar, D. S. (2021). Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar.
Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 6 No. 1, 916-924.
Widjanarko , W., Lusiana, Y., Mufrida, F., & Robani, M. E. (2021). Peran Mahasiswa sebagai Penggerak Literasi Bahasa dalam Program Kampus Mengajar DiSD Negeri 02 Longkeyang, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Seni, Vol. 1, 238-241.