@article{pgsdunars, author = {Riska Kusumastuti and Erna Zumrotun and Wulan Sutriyani}, title = { OPTIMALISASI LITERASI NUMERASI PADA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR MELALUI IMPLEMENTASI POHON NUMERAS}, journal = {Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS}, volume = {14}, number = {2}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini membahas optimalisasi literasi numerasi dalam konteks program kampus mengajar melalui implementasi pohon numerasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan implementasi pohon numerasi dalam meningkatkan pemahaman numerasi siswa, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat keberhasilan dari implementasi pohon numerasi dan untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap optimalisasi literasi numerasi pada program kampus mengajar. Penelitian ini menggunakan metode mix methode atau metode campuran yaitu mengadopsi dua pendekatan sekaligus (kualitatif dan kuantitatif) dengan teknik angket dan pretest-posttest. Hasil dari penelitian ini melalui pohon numerasi yang dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa dan juga hasil angket yang termasuk ke dalam kategori sangat praktis. Keterampilan awal pengajar, ketersediaan peralatan dan fasilitas yang dimiliki sekolah, serta penggunaan konteks formal, nonformal, dan informal merupakan faktor-faktor yang membantu terselenggaranya pembelajaran. Kurangnya kemampuan berpikir kritis dan nalar siswa, program literasi numerasi yang tidak tepat, serta tidak adanya pelatihan dan sosialisasi literasi numerasi menjadi kendalanya.}, issn = {2656-4459}, pages = {21--33}, doi = {10.36841/pgsdunars.v14i2.3902}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3902} }