ANALISIS PERBANDINGAN KURIKULUM NEGARA INDONESIA DENGAN NEGARA LAIN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana devinisi kurikulum di dunia serta model-model kurikulum apa saja yang digunakan dan mengetahui proses penerapan kurikulum yang ada pada Negara Indonesia, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Jepang, Amerika dan Finlandia. Jenis penelitian ini adalah bibliografi, data yang dikumpulkan dalam studi ini adalah dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Data diperoleh dari riset kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ini adalah studi kepustakaan. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik analisa kualitatif dengan cara deduktif. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa kurikulum di dunia sangat berperan penting dalam mengembangkan dan memperbaiki pendidikan dengan selalu mengupayakan proses dan hasil yang terbaik untuk kemajuan Pendidikan di dunia. Kebermanfaatan setiap model-model yang ada disetiap negara-negara membuat setiap negara memiliki keunggulan dan ciri khas dalam mengelola Pendidikan di negara nya masing-masing. suasana kurikulum belajar akan memepengaruhi peroses belajar dan hasil belajar peserta didik, Dampak dari hasil penelitian yaitu rekomendasi untuk guru agar konsisten dan meningkatkan kualitas dan konsistensi dalam menerapkan kurikulum yang ada disetiap negara.
References
Efendi, Moch Yusuf. “Perbandingan Kurikulum Pendidikan Dasar Antara Indonesia Dan Finlandia” 06, no. 1 (2019): 1–15.
Mulyasa E. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Muryanti, E., & Herman, Y. (2021). Studi Perbandingan Sistem Pendidikan Dasar di Indonesia dan Finlandia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1146–1156. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1696
Mustofa, and Musri’ah. Implementasi Kurikulum 2006/Ktsp (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). INTAJUNA : Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian, Produk Bidang Pendidikan Bahasa Arab. Vol. 1, 2017.
Nurdin Usman. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasindo, 2002.
Nur. 2010 . Potret pendidikan di jepang sebagai konsep pencerahan pendidikan di indonesia. Jurnal MEDTEK, Volume 2, Nomor 1
Putra, Armansyah. “Mengkaji Dan Membandingkan Kurikulum 7 Negara (Malaysia, Singapura, Cina, Korea, Jepang, Amerika Dan Finlandia).” Jurnal Penelitian Pendidikan (2017): 1–21.
Sudarman. Pengembangan Kurikulum: Kajian Teori Dan Praktik. File:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMAJA_PRINT.Docx, 2019.
Suardipa, P. (2019). Diversitas Sistem Pendidikan di Finlandia dan Relevansinya dengan Sistem Pendidikan di Indonesia. MAHA WIDYA BHUWANA, 2(2), 68–77.
Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172 Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945.
Wahyudin, Dinn. “Manajemen Pendidikan Tinggi, Pengembangan Kurikulum, Pembinaan Profesional” (2014): 259–270.
Warsihna, J. “Meningkatkan Literasi Membaca Dan Menulis Dengan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK).” Kwangsan: Jurnal Teknologi … (2016). https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/84.
https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka