@article{pgsdunars, author = {Edi Rohyadi and Gadis Pertiwi and Ratna Dewi}, title = { ANALISIS PERBANDINGAN KURIKULUM NEGARA INDONESIA DENGAN NEGARA LAIN}, journal = {Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS}, volume = {14}, number = {2}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana devinisi kurikulum di dunia serta model-model kurikulum apa saja yang digunakan dan mengetahui proses penerapan kurikulum yang ada pada Negara Indonesia, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Jepang, Amerika dan Finlandia. Jenis penelitian ini adalah bibliografi, data yang dikumpulkan dalam studi ini adalah dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Data diperoleh dari riset kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ini adalah studi kepustakaan. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik analisa kualitatif dengan cara deduktif. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa kurikulum di dunia sangat berperan penting dalam mengembangkan dan memperbaiki pendidikan dengan selalu mengupayakan proses dan hasil yang terbaik untuk kemajuan Pendidikan di dunia. Kebermanfaatan setiap model-model yang ada disetiap negara-negara membuat setiap negara memiliki keunggulan dan ciri khas dalam mengelola Pendidikan di negara nya masing-masing. suasana kurikulum belajar akan memepengaruhi peroses belajar dan hasil belajar peserta didik, Dampak dari hasil penelitian yaitu rekomendasi untuk guru agar konsisten dan meningkatkan kualitas dan konsistensi dalam menerapkan kurikulum yang ada disetiap negara. }, issn = {2656-4459}, pages = {1--12}, doi = {10.36841/pgsdunars.v14i2.3895}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3895} }