PENERAPAN 2D (DIAGNOSTIC ASSESSMENT – DIFFERENTIATED LEARNING) MENINGKATKAN STUDENT WELLBEING PADA PEMBELAJARAN KIMIA

  • Nikmatil Hasanah SMAN 2 Situbondo

Abstract

Keputusan pemerintah untuk menerapkan pembelajaran jarak jauh dan pembelajaran tatap muka terbatas dikhawatirkan menimbulkan learning loss, yaitu hilangnya kesempatan anak untuk belajar secara efektif di sekolah yang menyebabkan menurunnya penguasaan kompetensi dan ketidaktercapaian student wellbeing. Hasil angket pembelajaran kimia selama pandemi menunjukkan pencapaian student wellbeing yang rendah, yaitu sebesar 46,7%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan 2D (Diagnostic Assessment – Differentiated Learning) terhadap peningkatan student wellbeing pada pembelajaran Kimia.


Penelitian ini menerapkan asesmen diagnostik kognitif dan non kognitif sebelum pembelajaran. Diferensiasi pembelajaran yang dilakukan meliputi diferensiasi konten, proses, dan produk pada materi Reaksi Redoks. Data yang diperoleh berupa hasil tes dan hasil angket respon siswa. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, ketuntasan belajar dari 52,9% menjadi 82,3%. Kemudian respon siswa terhadap ketercapaian student wellbeing meningkat dari 46,7% menjadi 87,5%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan 2D (Diagnostic Assessment – Differentiated Learning) dapat meningkatkan student wellbeing pada pembelajaran Kimia.

References

Kashyap, A. M., Sailaja, S. V., Srinivas, K. V. R., & Raju, S. S, 2021, Challenges in online teaching amidst covid crisis: Impact on engineering educators of different levels, Journal of Engineering Education Transformations, 34(Special Issue).
Kaffenberger, M., 2021, Modelling the long-run learning impact of the Covid-19 learning shock: Actions to (more than) mitigate loss, International Journal of Educational Development, 81.
Donnelly, R., & Patrinos, H. A., 2021, Learning Loss During Covid-19: An Early Systematic Review, Covid Economics Vetted and Real-Time Papers, 77.
Engzell, P., Frey, A., & Verhagen, M. D., 2021, Learning Loss Due to School Closures During the Covid-19 Pandemic, Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 118(17).
Dai, D., & Lin, G., 2020, Online Home Study Plan for Postponed 2020 Spring Semester During The COVID-19 Epidemic: A Case Study Of Tangquan Middle School In Nanjing, Jiangsu Province, China, Best Evid Chin Edu, 4(2), 543–547.
Zhu, X., & Liu, J., 2020, Education in and After Covid19: Immedianre Responses and Long-Term Visions, Postdigital Science and Education, 1–5.
Pusat Asesmen dan Pembelajaran, 2020, Buku Saku Asesmen Diagnosis Kognitif Berkala.
Hartati, Y., 2018, Evaluasi Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS, Jurnal Sosial Humaniora, 9(1), 80–89.
Rahman, A., 2017, Analisis Pemahaman Guru Tentang Asesmen Pembelajaran Matematika Tingkat SMP Negeri dan Swasta di Kabupaten Maros, Open Science Framework, 1–29.
Abidin, M., & Heri, R., 2019, A Diagnosis Of Difficulties In Answering Questions Of Circle Material On Junior High School Students, Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 23(2), 144– 155.
Andini, D. W., 2016, “Differentiated Instruction”: Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman Siswa di Kelas Inklusif, Trihayu, 2(3), 259034.
Published
2023-07-27
How to Cite
HASANAH, Nikmatil. PENERAPAN 2D (DIAGNOSTIC ASSESSMENT – DIFFERENTIATED LEARNING) MENINGKATKAN STUDENT WELLBEING PADA PEMBELAJARAN KIMIA. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 315-322, july 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3185>. Date accessed: 09 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3185.
Section
Articles