PENGEMBANGAN E-LK MATEMATIKA MATERI LUAS BERBANTUKAN APLIKASI LIVE WORKSHEETS KELAS IV SEKOLAH DASAR BERORIENTASI MERDEKA BELAJAR

  • Sonia Yulia Friska Universitas Dharmas Indonesia
  • Dodi Widia Nanda Universitas Dharmas Indonesia
  • Izmi Oktaria Universitas Dharmas Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini mengembangkan bahan ajar berupa e-LK khususnya pada pembelajaran matematika, untuk menambah bahan ajar yang ada disekolah dan menghasilkan pengembangan e-LK di kelas IV sekolah dasar yang sah/valid, praktis, dan efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN 20 Sitiung. Model yang digunakan pengembangan ADDIE yang mencangkup tahap analisis (analysis) yaitu analisis kebutuhan, analisis karakteristik peserta didik, analisis kurikulum, analisis LKPD. tahap perancangan (design) meliputi perancangan terhadap bahan ajar e-LK yaitu rancangan instrument penelitian, merancang pembuatan modul ajar, merancang kerangka e-LK. Tahap pengembangan (development) yaitu tahap pengembangan dilakukannya uji validitas oleh para ahli. Tahapan implementasi (implementatiton) yaitu tahap uji coba praktikalitas dan tahap evaluasi (evaluation) yaitu tahap evaluasi dilakukan uji efektivitas dilakukan di SDN 20 Sitiung. Hasil penilaian validasi e-LK matematika materi luas pada uji validitas oleh tiga orang mendapatkan skor rata-rata 93% termasuk dalam kategori sangat valid, artinya e-LK matematika materi luas  berbantukan aplikasi live worksheets sudah sesuai dengan isi, kegrafikan dan bahasa, uji praktikalitas dengan skor rata-rata 88,04% dikategorikan sangat praktis, artinya e-LK sudah dapat digunakan dengan mudah dalam proses pembelajaran, sedangkan efektivitas e-LK matematika materi luas berbantukan aplikasi live worksheets dengan skor rata-rata 90,32% dikategorikan sangat efektif, artinya e-LK dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad Ilham Asmaryadi, Yulia Darniyanti, N. (2022). pengembangan bahan ajar e-LKPD berbasis mikir menggunakan live worksheets pada muatan IPA di Sekolah dasar. 6(4), 7377–7385.
Amalia, A. D., & Lestyanto, L. M. (2021). LKS Berbasis Saintifik Berbantuan Live Worksheets untuk Memahamkan Konsep Matematis pada Aritmetika Sosial. 05(0), 2911–2923.
Fransisca, S., Putri, R. N., & Kom, M. (2019). PEMANFAATAN TEKNOLOGI RFID UNTUK PENGELOLAAN INVENTARIS SEKOLAH DENGAN METODE ( R & D ) ( Studi Kasus : SMK Global Pekanbaru ). 1(1).
Friska. (2020). Journal of Vocational Education and Information Technology. 1(1), 1–6.
Friska, S. Y., Nanda, D. W., & Husna, M. (2022). Jurnal basicedu. 6(2), 3200–3206.
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57. https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/188
Meilani, S. (2022). ADDIE , SEBUAH MODEL UNTUK PENGEMBANGAN MULTIMEDIA. 3(2), 50–58.
Nyoman Sugihartini, K. Y. (2018). ADDIE SEBAGAI MODEL PENGEMBANGAN MEDIA INSTRUKSIONAL. 15(2), 277–286.
Rosma, N. (2022). Jurnal PEKA ( Pendidikan Matematika ). 05(02), 53–60. https://doi.org/10.37150/jp.v5i2.1278
Septianti Nevi. (2020). Pentingnya memahami karakteristik siswa sekolah dasar di sdn cikokol 2 (Vol. 2).
Sonia yulia friska, Rahmatul Hayati. (2021). pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar peserta didik muatan ipa kelas IV disdn 102/II sungai kerjan. 8(2), 183–191.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Published
2023-06-25
How to Cite
FRISKA, Sonia Yulia; NANDA, Dodi Widia; OKTARIA, Izmi. PENGEMBANGAN E-LK MATEMATIKA MATERI LUAS BERBANTUKAN APLIKASI LIVE WORKSHEETS KELAS IV SEKOLAH DASAR BERORIENTASI MERDEKA BELAJAR. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 13 - 24, june 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3045>. Date accessed: 14 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3045.
Section
Articles