@article{pgsdunars, author = {Sonia Friska and Dodi Nanda and Izmi Oktaria}, title = { PENGEMBANGAN E-LK MATEMATIKA MATERI LUAS BERBANTUKAN APLIKASI LIVE WORKSHEETS KELAS IV SEKOLAH DASAR BERORIENTASI MERDEKA BELAJAR}, journal = {Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS}, volume = {13}, number = {1}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = {Tujuan penelitian ini mengembangkan bahan ajar berupa e-LK khususnya pada pembelajaran matematika, untuk menambah bahan ajar yang ada disekolah dan menghasilkan pengembangan e-LK di kelas IV sekolah dasar yang sah/valid, praktis, dan efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN 20 Sitiung. Model yang digunakan pengembangan ADDIE yang mencangkup tahap analisis (analysis) yaitu analisis kebutuhan, analisis karakteristik peserta didik, analisis kurikulum, analisis LKPD. tahap perancangan (design) meliputi perancangan terhadap bahan ajar e-LK yaitu rancangan instrument penelitian, merancang pembuatan modul ajar, merancang kerangka e-LK. Tahap pengembangan (development) yaitu tahap pengembangan dilakukannya uji validitas oleh para ahli. Tahapan implementasi (implementatiton) yaitu tahap uji coba praktikalitas dan tahap evaluasi (evaluation) yaitu tahap evaluasi dilakukan uji efektivitas dilakukan di SDN 20 Sitiung. Hasil penilaian validasi e-LK matematika materi luas pada uji validitas oleh tiga orang mendapatkan skor rata-rata 93% termasuk dalam kategori sangat valid, artinya e-LK matematika materi luas berbantukan aplikasi live worksheets sudah sesuai dengan isi, kegrafikan dan bahasa, uji praktikalitas dengan skor rata-rata 88,04% dikategorikan sangat praktis, artinya e-LK sudah dapat digunakan dengan mudah dalam proses pembelajaran, sedangkan efektivitas e-LK matematika materi luas berbantukan aplikasi live worksheets dengan skor rata-rata 90,32% dikategorikan sangat efektif, artinya e-LK dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik}, issn = {2656-4459}, pages = {13--24}, doi = {10.36841/pgsdunars.v13i1.3045}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3045} }