PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA ANTARA PEMBERIAN TUGAS KELOMPOK DAN TUGAS INDIVIDU PADA MATA KULIAH FILSAFAT PENDIDIKAN DI STKIP PGRI SITUBONDO

  • Yesi Puspitasari STKIP PGRI Situbondo
  • Dassucik Dassucik STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara pemberian tugas kelompok dan tugas individu pada mata kuliah Filsafat Pendidikan di STKIP PGRI Situbondo.Metode penelitian menggunakan eksperimen ialah metode eksperimen semu. Populasi dalam eksperimen seluruh mahasiswa STKIP PGRI Situbondo semester Ganjil. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh karena jumlah mahasiswa dibawah 100, dan dikategorikan dalam sampel kecil dengan jumlah sampel adalah 44 mahasiswa. Instrumen penelitian yang peneliti gunakan adalah angket mahasiswa yaitu angket tugas individu dan angket tugas kelompok, dan analisis data yang digunakan adalah uji t (uji beda). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata postes mahasiswa kelas kontrol yang diberi tugas individu sebesar 73.18, sedangkan rata-rata postes kelas eksperimen yang diberi tugas kelompok sebesar 76.36. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan selisih 3.18, jika dilihat dari rata-rata yang ada mahasiswa yang diberi tugas kelompok mendapatkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan mahasiswa yang diberi tugas individu, dengan hasil perhitungan t hitung -1.764 < 1.682, dan signifikansi 0.035 < 0.05.


 

References

Dimyati, dan Moedjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Dira, M, P, Dyah. 2017. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Antara Tugas Kelompok dan Tugas Individu Siswa Kelas IV SD Negeri Prambanan. Yogyakarta:Universitas Negeri Yogakarta
Djamarah, Syaiful Bahri, dan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka
Cipta
Fuah, Bahjatul. 2017. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Pembelajaran dengan Menggunakan Metode Tugas Kelompok dan Tugas Individu dalam Mata Pelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kebun Bunga Banjarmasin.
Banjarmasin: Universitas Islam Negeri Antasari
Ibrahim. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Rhineka Cipta
Imam, Ghozali. 2009. Aplikasi Analisis Mulitivariate Dengan Program SPSS. Semarang ; Universitas Diponegoro
Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Penilaian Hasil
Belajar Oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta
Nana, Sudjana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru
Nugraheni, Eka Arina. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Antara Siswa yang
Diberi Tugas Secara Kelompok dengan Tugas Individu pada Materi Hubungan
Antara Sudut Kelas VII SMP Negeri 2 Pabelan Tahun Ajaran 2012/2013. Salatiga.
Universitas Kristen Satya Wacana
Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Gajah
Mada University Press
Prasetyo , D. Agif. 2015. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Pemberian Tugas
Kooperatif dan Tugas Individu pada Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri Pajang 3 Tahun Ajaran 2014/2015. Surakarta: Universitas Muhhamadiyah
Syahrir, Arianti, Haeriyah. 2017. Perbandingan Hasil Belajar MatematikaAntara Peserta Didik yang Diberi Tugas Kelompok dengan Tugas Individu di
Kelas IX Mts. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa. Makassar: Universitas Islam Negeri
Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta ; Pustaka Pelajar
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
S, Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada MediaSudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Menagajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung ; Alfabeta
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta ; Rinekan Cipta
Sukmadinata, S, Nana. 2015. Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Published
2022-12-12
How to Cite
PUSPITASARI, Yesi; DASSUCIK, Dassucik. PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA ANTARA PEMBERIAN TUGAS KELOMPOK DAN TUGAS INDIVIDU PADA MATA KULIAH FILSAFAT PENDIDIKAN DI STKIP PGRI SITUBONDO. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 13-22, dec. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/2503>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v12i2.2503.
Section
Articles