@article{pgsdunars, author = {Yesi Puspitasari and Dassucik Dassucik}, title = { PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA ANTARA PEMBERIAN TUGAS KELOMPOK DAN TUGAS INDIVIDU PADA MATA KULIAH FILSAFAT PENDIDIKAN DI STKIP PGRI SITUBONDO}, journal = {Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS}, volume = {12}, number = {2}, year = {2022}, keywords = {}, abstract = {Tujuan penelitian ini mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara pemberian tugas kelompok dan tugas individu pada mata kuliah Filsafat Pendidikan di STKIP PGRI Situbondo.Metode penelitian menggunakan eksperimen ialah metode eksperimen semu. Populasi dalam eksperimen seluruh mahasiswa STKIP PGRI Situbondo semester Ganjil. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh karena jumlah mahasiswa dibawah 100, dan dikategorikan dalam sampel kecil dengan jumlah sampel adalah 44 mahasiswa. Instrumen penelitian yang peneliti gunakan adalah angket mahasiswa yaitu angket tugas individu dan angket tugas kelompok, dan analisis data yang digunakan adalah uji t (uji beda). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata postes mahasiswa kelas kontrol yang diberi tugas individu sebesar 73.18, sedangkan rata-rata postes kelas eksperimen yang diberi tugas kelompok sebesar 76.36. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan selisih 3.18, jika dilihat dari rata-rata yang ada mahasiswa yang diberi tugas kelompok mendapatkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan mahasiswa yang diberi tugas individu, dengan hasil perhitungan t hitung -1.764 < 1.682, dan signifikansi 0.035 < 0.05. }, issn = {2656-4459}, pages = {13--22}, doi = {10.36841/pgsdunars.v12i2.2503}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/2503} }