PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN A REACTION TO VIDEO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA MATERI POKOK SISTEM TATA SURYA KELAS VIII-A SMP NEGERI 1 SITUBONDO

  • saksono pangaribowo SMP Negeri 1 Situbondo

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang menunjukkan bahwa pembelajaran di


SMP Negeri 1 Situbondo Situbondo khususnya siswa kelas VIII masih di bawah


rata-rata hasil belajarnya. Hal ini disebabkan karena (1) Guru jarang membentuk


kelompok bahkan tidak pernah menggunakan model-model pembelajaran yang bervariasi sehingga membuat siswa terkesan bosan, (2) kurang adanya diskusi antara siswa dengan guru sehingga dalam kelas terasa pasif dalam pembelajaran, (3) materi yang diajarkan kurang mengacu pada pengalaman siswa, guru perlu menggunakan teks book dalam mengajar, (4) guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan penerapannya sendiri, (5) dalam membentuk kelompok kurang heterogen dalam memilih anggota kelompok, (6) umumnya motivasi siswa belajar IPA masih rendah. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan penerapan strategi pembelajaran a reaction to video dapat meningkatkan motivasi belajar siswa mencapai 24% dari 67% siklus I menjadi 91% siklus II IPA Fisika materi pokok sistem tata surya kelas VIII-A SMP Negeri 1 Situbondo Tahun Pelajaran 2016/2017 dan penerapan strategi pembelajaran a reaction to video dapat meningkatkan hasil belajar siswa mencapai 19% dari 69% siklus I menjadi 91% siklus II IPA Fisika materi pokok sistem tata surya kelas VIII-A SMP Negeri 1 Situbondo Tahun Pelajaran 2016/2017.

References

DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Ed Revisi VI, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Darmayah, 2010. Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto, 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Jakarta: Publisher
Depdiknas, 2003. Kurikulum 2004 Standart Kompetensi. Jakarta: Puskur. Dit. PTKSD
Dimyati dan Mudjiono, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Etin Solihatin, 2012. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Handoko. 2013. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE
Hamalik, 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hariyanto, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Hobri, 2006. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Hobri, 2007. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jember: UPTD Balai Pengembangan Pendidikan (BPP)
Kusniasih, 2015. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena
Muhibbin Syah, 2000. Psikologi Pendidikan dan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muhibbin Syah, 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Band
Published
2022-06-13
How to Cite
PANGARIBOWO, saksono. PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN A REACTION TO VIDEO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA MATERI POKOK SISTEM TATA SURYA KELAS VIII-A SMP NEGERI 1 SITUBONDO. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 158-166, june 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1798>. Date accessed: 14 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v11i1.1798.
Section
Articles