@article{pgsdunars, author = {saksono pangaribowo}, title = { PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN A REACTION TO VIDEO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA MATERI POKOK SISTEM TATA SURYA KELAS VIII-A SMP NEGERI 1 SITUBONDO}, journal = {Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS}, volume = {11}, number = {1}, year = {2022}, keywords = {}, abstract = {Berdasarkan hasil observasi yang menunjukkan bahwa pembelajaran di SMP Negeri 1 Situbondo Situbondo khususnya siswa kelas VIII masih di bawah rata-rata hasil belajarnya. Hal ini disebabkan karena (1) Guru jarang membentuk kelompok bahkan tidak pernah menggunakan model-model pembelajaran yang bervariasi sehingga membuat siswa terkesan bosan, (2) kurang adanya diskusi antara siswa dengan guru sehingga dalam kelas terasa pasif dalam pembelajaran, (3) materi yang diajarkan kurang mengacu pada pengalaman siswa, guru perlu menggunakan teks book dalam mengajar, (4) guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan penerapannya sendiri, (5) dalam membentuk kelompok kurang heterogen dalam memilih anggota kelompok, (6) umumnya motivasi siswa belajar IPA masih rendah. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan penerapan strategi pembelajaran a reaction to video dapat meningkatkan motivasi belajar siswa mencapai 24% dari 67% siklus I menjadi 91% siklus II IPA Fisika materi pokok sistem tata surya kelas VIII-A SMP Negeri 1 Situbondo Tahun Pelajaran 2016/2017 dan penerapan strategi pembelajaran a reaction to video dapat meningkatkan hasil belajar siswa mencapai 19% dari 69% siklus I menjadi 91% siklus II IPA Fisika materi pokok sistem tata surya kelas VIII-A SMP Negeri 1 Situbondo Tahun Pelajaran 2016/2017.}, issn = {2656-4459}, pages = {158--166}, doi = {10.36841/pgsdunars.v11i1.1798}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1798} }