PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBASIS PEMBELAJARAN AKTIF SAME DIFFERENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS III DI SD NEGERI 4 TANJUNG KAMAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Dalam proses belajar mengajar PKn di SD Negeri 4 Tanjung Kamal, terutama kelas III selama ini yang telah dilaksanakan oleh seorang guru belum mencapai kreteria, sebagian belum memenuhi KKM yang telah ditentukan. Contoh pada saat ulangan umum semester ganjil yang memenuhi KKM hanya 70%. Minat belajar siswa semakin menurun karena sibuk main HP terutama pada malam hari tidak ingat belajar lagi, sehingga pada waktu proses pembelajaran berlansung ada yang mengantuk kurang memperhatikan dan kurang konsentrasi. Bila guru bertanya kebanyakan belum berani menjawab.
Dengan adanya Metode Penerapan pendekatan scientific berbasis pembelajaran aktif same different diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Desain penelitian menggunakan PTK. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisa data yang telah dikemukakan di bab IV dapat diuraikan sebagai berikut: 1) Penerapan pendekatan scientific berbasis pembelajaran aktif same different mata pelajaran PKn Kelas III di SD Negeri 4 Tanjung Kamal Tahun Pelajaran 2018/2019 sangat efektif. 2). Penerapan pendekatan scientific berbasis pembelajaran aktif same different dapat meningkatkan hasil belajar siswa mencapai 16% sub tema Norma di masyarakat mata pelajaran PKn Kelas III di SD Negeri 4 Tanjung Kamal Tahun Pelajaran 2018/2019
References
Jamaris. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Mudjiono. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Rajawali
Muhibbin, 2003. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta, Bumi Aksara
Nasution. 2007. Mencari strategi pengembangan pendidikan nasional menjelang abad XXI. Jakarta: Grasindo
Ningtiash. 2007. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Ditjen Bimbaga Islam
PGSM. 2007. [online]. Tersedia: http://meipanda.blogspot.com/2013/05/struktur-pendukung-keanekaragaman.html
Purwanti. 2006. Psikologi pendidikan: Materi pendidikan bimbingan konseling di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Depdikbud
Sanjaya. 2008. Psikologi Pendidikan Jakarta PT. Rineka Cipta
Sardiman. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka cipta
Syaiful Bahri Djamarah. 2003. Psikologi Pendidikan Jakarta PT. Rineka Cipta
Sudjana. 2000. Metode dan teknik pembelajaran partisipatif. Jakarta: Falah Production
Sudjana. 2005. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Suprayekti. 2003. Proses belajar Mengajar. Jakarta : PT.Bumi Aksara
Tabrani dkk. 2002. Psikologi pendidikan II. Jakarta:FEUI
Trinandita. 2004. Evaluasi diri demi peningkatan mutu pendidikan. Jakarta: Grasindo
Zaini. 2008. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar