PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBASIS PEMBELAJARAN AKTIF SAME DIFFERENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS III DI SD NEGERI 4 TANJUNG KAMAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Kurniyati . SD Negeri 2 Tanjung Kamal

Abstract

Dalam proses belajar mengajar PKn di SD Negeri 4 Tanjung Kamal,  terutama kelas III selama ini yang telah dilaksanakan oleh seorang guru belum mencapai kreteria, sebagian belum memenuhi KKM yang telah ditentukan. Contoh pada saat ulangan umum semester ganjil yang memenuhi KKM hanya 70%. Minat belajar siswa semakin menurun karena sibuk main HP terutama pada malam hari tidak ingat belajar lagi, sehingga pada waktu proses pembelajaran berlansung ada yang mengantuk kurang memperhatikan dan kurang konsentrasi. Bila guru bertanya kebanyakan belum berani menjawab.


Dengan adanya Metode Penerapan pendekatan scientific berbasis pembelajaran aktif same different diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Desain penelitian menggunakan PTK. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.


Berdasarkan hasil analisa data yang telah dikemukakan di bab IV dapat diuraikan sebagai berikut: 1) Penerapan pendekatan scientific berbasis pembelajaran aktif same different mata pelajaran PKn Kelas III di SD Negeri 4 Tanjung Kamal Tahun Pelajaran 2018/2019 sangat efektif. 2). Penerapan pendekatan scientific berbasis pembelajaran aktif same different dapat meningkatkan hasil belajar siswa mencapai 16% sub tema  Norma di masyarakat mata pelajaran PKn Kelas III di SD Negeri 4 Tanjung Kamal Tahun Pelajaran 2018/2019

References

Gagne. 2005. Essentials of learning for instruction. Boston

Jamaris. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Mudjiono. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Rajawali

Muhibbin, 2003. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta, Bumi Aksara

Nasution. 2007. Mencari strategi pengembangan pendidikan nasional menjelang abad XXI. Jakarta: Grasindo

Ningtiash. 2007. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Ditjen Bimbaga Islam

PGSM. 2007. [online]. Tersedia: http://meipanda.blogspot.com/2013/05/struktur-pendukung-keanekaragaman.html

Purwanti. 2006. Psikologi pendidikan: Materi pendidikan bimbingan konseling di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Depdikbud

Sanjaya. 2008. Psikologi Pendidikan Jakarta PT. Rineka Cipta

Sardiman. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka cipta

Syaiful Bahri Djamarah. 2003. Psikologi Pendidikan Jakarta PT. Rineka Cipta

Sudjana. 2000. Metode dan teknik pembelajaran partisipatif. Jakarta: Falah Production

Sudjana. 2005. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suprayekti. 2003. Proses belajar Mengajar. Jakarta : PT.Bumi Aksara

Tabrani dkk. 2002. Psikologi pendidikan II. Jakarta:FEUI

Trinandita. 2004. Evaluasi diri demi peningkatan mutu pendidikan. Jakarta: Grasindo

Zaini. 2008. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Published
2021-06-30
How to Cite
., Kurniyati. PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBASIS PEMBELAJARAN AKTIF SAME DIFFERENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS III DI SD NEGERI 4 TANJUNG KAMAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 205 - 214, june 2021. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1030>. Date accessed: 14 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v9i1.1030.
Section
Articles