@article{pgsdunars, author = {Kurniyati .}, title = { PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBASIS PEMBELAJARAN AKTIF SAME DIFFERENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS III DI SD NEGERI 4 TANJUNG KAMAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019}, journal = {Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS}, volume = {9}, number = {1}, year = {2021}, keywords = {}, abstract = {Dalam proses belajar mengajar PKn di SD Negeri 4 Tanjung Kamal, terutama kelas III selama ini yang telah dilaksanakan oleh seorang guru belum mencapai kreteria, sebagian belum memenuhi KKM yang telah ditentukan. Contoh pada saat ulangan umum semester ganjil yang memenuhi KKM hanya 70%. Minat belajar siswa semakin menurun karena sibuk main HP terutama pada malam hari tidak ingat belajar lagi, sehingga pada waktu proses pembelajaran berlansung ada yang mengantuk kurang memperhatikan dan kurang konsentrasi. Bila guru bertanya kebanyakan belum berani menjawab. Dengan adanya Metode Penerapan pendekatan scientific berbasis pembelajaran aktif same different diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Desain penelitian menggunakan PTK. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisa data yang telah dikemukakan di bab IV dapat diuraikan sebagai berikut: 1) Penerapan pendekatan scientific berbasis pembelajaran aktif same different mata pelajaran PKn Kelas III di SD Negeri 4 Tanjung Kamal Tahun Pelajaran 2018/2019 sangat efektif. 2). Penerapan pendekatan scientific berbasis pembelajaran aktif same different dapat meningkatkan hasil belajar siswa mencapai 16% sub tema Norma di masyarakat mata pelajaran PKn Kelas III di SD Negeri 4 Tanjung Kamal Tahun Pelajaran 2018/2019}, issn = {2656-4459}, pages = {205--214}, doi = {10.36841/pgsdunars.v9i1.1030}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1030} }