INTEGRASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH: STUDI PADA MATA KULIAH SEJARAH KEBUDAYAAN INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Sejarah Kebudayaan Indonesia dengan integrasi pendekatan kontekstual. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen untuk mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran, evaluasi serta tantangan dalam penerapan pendekatan kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa, kendala seperti keterbatasan akses terhadap sumber sejarah, dominasi metode ceramah, serta kurangnya keterampilan analisis dokumen masih menjadi hambatan utama. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan aksesibilitas sumber sejarah, pelatihan keterampilan berpikir kontekstual, serta penerapan metode pembelajaran interaktif berbasis eksplorasi agar pendekatan ini dapat lebih efektif.
References
Fadli, Z., Laniampe, H., Husnita, L., Hisna, H., Suddin, S., Meldawati, M., Puspitasari, R., Karoluslina, K., Asbar, A., & Kamil, A. I. (2024). Sejarah Kebudayaan Indonesia. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.
Juhairi, I., & Sudrajad, W. (2022). Exploring The Role Of Code-Switching In Bilingual Classroom Interactions. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 8(2), 213–218.
Kurniawan, H. (2023). Representasi Tionghoa sebagai Konstruksi Kebinekaan dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia: Kajian Buku Teks dan Pengalaman Belajar Siswa SMA Santa Angela Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.
Kuswono, K., Sumiyatun, S., & Setiawati, E. (2021). Pemanfaatan Kajian Sejarah Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah di Indonesia. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 6(2), 206–209.
Mahdayeni, M., Alhaddad, M. R., & Saleh, A. S. (2019). Manusia dan Kebudayaan (Manusia dan Sejarah Kebudayaan, Manusia dalam Keanekaragaman Budaya dan Peradaban, Manusia dan Sumber Penghidupan). Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 154–165.
Mukarromah, W. R. U., Wibowo, S., Sudrajad, W., & Handayani, T. (2024). The Evolution of Colonial Legal Regulations in 19th Century Dutch East Indies Classical Literary Texts. International Journal of Sustainable Law, 1(2), 59–65.
Munawir, Nur Aini, A., Andriani, M., Guru Madrasah Ibtidaiyah, P., Sunan Ampel Surabaya, U., & Guru Madrasah Ibtifaiyah, P. (2022). Strategi Pembelajaran Contextual Teaching Learning pada Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Al-Mau’izhoh E-ISSN, 6(1), 674–682.
Pradita, D., & Itawan, D. (2023). Sumber Sejarah Visual: Antara Pemosisian Sumber dan Penerapan Kajian Sejarah. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 9(2).
Sudrajad, W. (2023). Increasing Students’ Ability to Write Descriptive Text Using the Brainstorming Method. IJEAL (International Journal of English and Applied Linguistics, 3(2), 109–118. https://doi.org/doi.org/ijeal.v3i2.2445
Susanto, H., Prawitasari, M., Akmal, H., Syurbakti, M. M., & Fathurrahman, F. (2023). Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Mata Kuliah Media Pembelajaran Sejarah. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 8(1), 1–10.
Syakur, A., Sudrajad, W., Winurati, S., & Tilwani, S. A. (2023). The Motivation of Students and Their Exposure to Learning Loss After the Pandemic. Studies in Learning and Teaching, 4(3), 622–633.
Vivi Silvia, S. E. (2020). Statistika Deskriptif. Penerbit Andi.
Wati, E. A. (2023). Tradisi lisan sebagai sumber sejarah. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 2(1), 52–59.
Wiratama, N. A., Fatimah, I. D., & Widiyati, E. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3428–3434.
Yuliana, F. H., Fatimah, S., & Barlian, I. (2021). Pengembangan bahan ajar digital interaktif dengan pendekatan kontekstual pada mata kuliah teori ekonomi mikro. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 36–46.