@article{consilium, author = {Satrio Wibowo and Aulia Fitriany}, title = { INTEGRASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH: STUDI PADA MATA KULIAH SEJARAH KEBUDAYAAN INDONESIA}, journal = {Consilium: Education and Counseling Journal}, volume = {5}, number = {1}, year = {2025}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Sejarah Kebudayaan Indonesia dengan integrasi pendekatan kontekstual. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen untuk mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran, evaluasi serta tantangan dalam penerapan pendekatan kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa, kendala seperti keterbatasan akses terhadap sumber sejarah, dominasi metode ceramah, serta kurangnya keterampilan analisis dokumen masih menjadi hambatan utama. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan aksesibilitas sumber sejarah, pelatihan keterampilan berpikir kontekstual, serta penerapan metode pembelajaran interaktif berbasis eksplorasi agar pendekatan ini dapat lebih efektif.}, issn = {2775-9466}, pages = {678--690}, doi = {10.36841/consilium.v5i1.6172}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/6172} }