PENGARUH POLA PIKIR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI PRESTASI AKADEMIK SISWA SMP

  • Wulandarini Wulandarini Universitas Indraprasta
  • Putri Sa'adah Universitas Indraprasta
  • Auzi Syauqi Universitas Indraprasta
  • Zahrotul Jannah
  • Nurani Sari Arindiah Universitas Indraprasta
  • Aulia Ravaneli Universitas Indraprasta
  • Nur Syakiah Universitas Indraprasta
  • Arif Sahin Universitas Indraprasta

Abstract

Proses belajar tidak terlepas dari proses berpikir, mandiri belajar kegiatan yang melibatkan seseorang dengan lingkungannya dan menghasilkan suatu perubahan, baik secara kognitif, afektif atau psikomotorik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa pengaruh pola pikir terhadap kemandirian belajar melalui prestasi akademik siswa SMP. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 343 siswa, Sampel dalam penelitian dihitung dengan tabel Isaac dan Michael, maka sampling dengan taraf kesalahan 1% berjumlah 225 siswa dibulatkan menjadi 250 siswa. Analisis data dilakukan dengan dua tahap yaitu analisis Structural Equation Modelling (SEM) dan analisis mediasi. Hasil penelitian menunjukan (1) Terdapat pengaruh positif pola pikir dengan prestasi siswa, (2) Terdapat pengaruh positif pola pikir dengan mandiri belajar siswa, (3) Tidak terdapat pengaruh positif Prestasi dengan Mandiri Belajar siswa, (4) Prestasi tidak memiliki efek tidak langsung terhadap pola pikir dengan mandiri belajar siswa. Implikais lebih lanjut dibahas dalam bab pembahasan.

References

Azra, T., Salmanda, D., & Batubara, P. F. (2024). Pengaruh Keluarga Dan Pendidikan : Studi Tentang Pengaruh Interaksi Terhadap Prestasi Akademik Siswa. 4. https://journal.appisi.or.id/index.php/risoma/article/view/257/431
Byrne, B. (2016). Structural equation modeling with Amos: Basic concepts, applications, and programming (3rd ed.) (3rd ed.). Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781315757421
Cahyadiana, W., Informatika, S. T., & Indonesia, K. (2023). Pengaruh Motivasi dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. 27(1). https://psikovidya.wisnuwardhana.ac.id/index.php/psikovidya/article/view/218/168
Cheung & Rensvold. (2002). Evaluating Goodness-of-Fit Indexes for Testing Measurement Invariance. Structural Equation Modeling: A Multidisciplinary Journal, 9(2), 233–255. https://doi.org/https://doi.org/10.1207/S15328007SEM0902_5
Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar & Pembelajaran (Dimyati, Ed.; V). Rineka Cipta.
Dweck, C. S. (2022). Mindset, Mengubah Pola Berpikir untuk Perubahan Besar dalam Hidup Anda (A. Setiorini, Ed.; XII). Bentara Aksara Cahaya.
Forbes-McKay, K. E. (2023). Exploring independent learning (IL) and its relationship to mindset, motivated strategies for learning and academic performance. https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/JARHE-06-2023-0253/full/html?skipTracking=true
Gaskin, J, et al. (2023). Demystifying Prediction in Mediation Research and the Use of Specific Indirect Effects and Indirect Effect Sizes. Partial Least Squares Path Modeling, 209–228. https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-031-37772-3_8
Ilmaknum, L., & Ulfah, M. (2023). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar (Survei di SMA Pelita Tiga Jakarta). Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(1), 21–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.55338/saintek.v5i1.1401
Kapasi, A., & Pei, J. (2022). Mindset Theory and School Psychology. Canadian Journal of School Psychology, 37(1), 57–74. https://doi.org/10.1177/08295735211053961
Kompri. (2018). Motivasi Pembelajaran, Perspektif Guru dan Siswa (A. Kamsyach, Ed.; I). PT Remaja Rosdakarya.
Lyons, P. (2017). Manager Stimulation of Employees Self-regulated Learning. Emerald Publishing, Vol. 49(5), 205–212. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/ICT-02-2017-0007
MacKinnon, D. (2008). Introduction to Statistical Mediation Analysis (1st ed.). Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9780203809556
Ng, B. (2018). The neuroscience of growth mindset and intrinsic motivation. Brain Sciences, 8(2). https://doi.org/10.3390/brainsci8020020
Pentury, H. J. (2019). Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Unindra Press.
Preacher & Hayes (2008). Asymptotic and Resampling Strategies for Assessing and Comparing Indirect Effects in Multiple Mediator Models. Behavior Research Methods, 879–891. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.3758/BRM.40.3.879
Salmaa. (2023). Skala Pengukuran dalam Penelitian: Pengertian, Jenis, Contoh. https://penerbitdeepublish.com/skala-pengukuran-dalam-penelitian/
Published
2025-03-08
How to Cite
WULANDARINI, Wulandarini et al. PENGARUH POLA PIKIR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI PRESTASI AKADEMIK SISWA SMP. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 691-698, mar. 2025. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/6149>. Date accessed: 14 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i1.6149.
Section
Articles