@article{consilium, author = {Wulandarini Wulandarini and Putri Sa'adah and Auzi Syauqi and Zahrotul Jannah and Nurani Sari Arindiah and Aulia Ravaneli and Nur Syakiah and Arif Sahin}, title = { PENGARUH POLA PIKIR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI PRESTASI AKADEMIK SISWA SMP}, journal = {Consilium: Education and Counseling Journal}, volume = {5}, number = {1}, year = {2025}, keywords = {}, abstract = {Proses belajar tidak terlepas dari proses berpikir, mandiri belajar kegiatan yang melibatkan seseorang dengan lingkungannya dan menghasilkan suatu perubahan, baik secara kognitif, afektif atau psikomotorik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa pengaruh pola pikir terhadap kemandirian belajar melalui prestasi akademik siswa SMP. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 343 siswa, Sampel dalam penelitian dihitung dengan tabel Isaac dan Michael, maka sampling dengan taraf kesalahan 1% berjumlah 225 siswa dibulatkan menjadi 250 siswa. Analisis data dilakukan dengan dua tahap yaitu analisis Structural Equation Modelling (SEM) dan analisis mediasi. Hasil penelitian menunjukan (1) Terdapat pengaruh positif pola pikir dengan prestasi siswa, (2) Terdapat pengaruh positif pola pikir dengan mandiri belajar siswa, (3) Tidak terdapat pengaruh positif Prestasi dengan Mandiri Belajar siswa, (4) Prestasi tidak memiliki efek tidak langsung terhadap pola pikir dengan mandiri belajar siswa. Implikais lebih lanjut dibahas dalam bab pembahasan.}, issn = {2775-9466}, pages = {691--698}, doi = {10.36841/consilium.v5i1.6149}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/6149} }