PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN MOVING CLASS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 GUNUNGSITOLI UTARA
Abstract
Kesulitan siswa dalam memahami materi pelajaran dikarenakan banyak siswa yang tidak aktif dan cenderung malu untuk bertanya. Pasifnya para siswa menimbulkan suasana belajar yang tidak efektif sehingga banyak siswa yang tidak fokus bahkan sering mengantuk dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sistem pembelajaran moving class terhadap motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui pelaksanaan sistem pembelajaran moving class terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa hasil pengolahan data pada perhitungan angket sistem pembelajaran moving class terhadap motivasi belajar siswa dimana pernyataan 20 butir dengan uji validitas diperoleh r-hitung = 0,625 > r-tabel = 0,325 dan uji reliabilitas diperoleh r-11 = 0,769 maka dapat disimpulkan bahwa r-11 > r_tabel 0,769 > 0,325 sehingga instrument tersebut dapat dikatakan reliabel dan layak digunakan untuk pengambilan data angket sistem pembelajaran moving class terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat ditemukan bahwa Terdapat Pengaruh Sistem Pembelajaran Moving Class Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII-OTKP SMK Negeri 1 Gunungsitoli Utara Tahun Pelajaran 2023/2024.
References
Aflizah, N., Firdaus, F., Hasri, S., & Sohiron, S. (2024). Reward Sebagai Alat Motivasi dalam Konteks Pendidikan: Tinjauan Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4300–4312.
Amalia, S., Kodrah, S., & Hasbullah, M. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Melalui Model Pembelajaran Moving Class pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Satu Atap Pasar Rawa Gebang. EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 2(1), 560–575.
Aryawan, I. W. (2023). MOVING CLASS LEARNING SYSTEM AS A STRATEGY TO CREATE EFFECTIVE CLASSROOM MANAGEMENT. Proceedings of The International Conference on Multi-Disciplines Approaches for The Sustainable Development, 564–571.
Azhar, M., & Wahyudi, H. (2024). Motivasi Belajar: Kunci Pengembangan Karakter dan Keterampilan Siswa. Uluwwul Himmah Educational Research Journal, 1(1), 1–15.
Azmi, B., Fatmasari, R., & Jacobs, H. (2024). Motivasi, disiplin, lingkungan sekolah: Kunci prestasi belajar. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 323–333.
Husna, Z. N., Idris, A., Elfina, E., Romla, S., Wahyuningsih, N. K., Surur, M., & Azizah, N. (2024). Hubungan Antara Penerapan Sistem Pembelajaran Moving Class Dengan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Informatika. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 69–80.
Ibrahim, N., Nurasmawi, N., Sari, D., & Aldo, N. (2022). Descriptive Analysis in the Implementation Strategy of Moving Class on Economy Subject at Islamic High School. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(4), 4861–4868.
Irawan, A. I., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kemandirian Belajar, dan Media Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MI Babussalam Krian Sidoarjo. Journal on Education, 6(3), 16220–16233.
Lathifa, N. N., Anisa, K., Handayani, S., & Gusmaneli, G. (2024). Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(2), 69–81.
Lestari, U. M., Mayangsari, T. A., & Purnama, L. (2024). Urgensi Mempelajari Sosiologi Pendidikan bagi Guru. DE FACTO: Journal Of International Multidisciplinary Science, 2(1), 40–51.
Puspasari, D. (2023). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Sistem Pembelajaran Moving Class terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMKN 10 Surabaya. Edunusa: Journal of Economics and Business Education, 3(2), 76–87.
Rahman, S. A., Permata, B. D., & Wita, G. (2024). Efektivitas Implementasi Moving Class Pada Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 4 Bukittinggi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2801–2814.
Sosialisman, S., Sukmawati, S., & Wicaksono, L. (2023). Motivasi Dan Kepribadian Dalam Organisasi. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(2), 1527–1536.
Suharni, S. (2021). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184.
Surawan, S., & Hutama, B. W. A. (2024). PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN, SISTEM INFORMASI, MUTU PELAYANAN, DAN FASILITAS KAMPUS TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA STIE SBI YOGYAKARTA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 19(1), 55–65.
Susilawati, D. (2024). Pengantar Ilmu Pendidikan.
Trinova, Z., Nini, N., Zen, W. L., & Yuniendel, R. K. (2021). Learning motivation through the moving class system in islamic religious learning. GLOBAL CONFERENCES SERIES: SOCIAL SCIENCES, EDUCATIONAL AND HUMANITIES (GCSSSEH), 11.