@article{consilium, author = {Ayub Triwulan Telaumbanua and Wahyutra Adilman Telaumbanua and Arianto Lahagu and Eka Septianti Laoli}, title = { PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN MOVING CLASS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 GUNUNGSITOLI UTARA}, journal = {Consilium: Education and Counseling Journal}, volume = {5}, number = {1}, year = {2025}, keywords = {}, abstract = {Kesulitan siswa dalam memahami materi pelajaran dikarenakan banyak siswa yang tidak aktif dan cenderung malu untuk bertanya. Pasifnya para siswa menimbulkan suasana belajar yang tidak efektif sehingga banyak siswa yang tidak fokus bahkan sering mengantuk dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sistem pembelajaran moving class terhadap motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui pelaksanaan sistem pembelajaran moving class terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa hasil pengolahan data pada perhitungan angket sistem pembelajaran moving class terhadap motivasi belajar siswa dimana pernyataan 20 butir dengan uji validitas diperoleh r-hitung = 0,625 > r-tabel = 0,325 dan uji reliabilitas diperoleh r-11 = 0,769 maka dapat disimpulkan bahwa r-11 > r_tabel 0,769 > 0,325 sehingga instrument tersebut dapat dikatakan reliabel dan layak digunakan untuk pengambilan data angket sistem pembelajaran moving class terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat ditemukan bahwa Terdapat Pengaruh Sistem Pembelajaran Moving Class Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII-OTKP SMK Negeri 1 Gunungsitoli Utara Tahun Pelajaran 2023/2024.}, issn = {2775-9466}, pages = {636--647}, doi = {10.36841/consilium.v5i1.6091}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/6091} }