PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE (THINK-PAIR-SHARE) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 2 MANDREHE

  • Reforman Gulo Universitas Nias
  • Wahyutra Adilman Telaumbanua Universitas Nias
  • Yearning Harefa Universitas Nias
  • Arianto Lahagu Universitas Nias

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengamatan peneliti pada pelaksanaan pembelajaran di SMK Negeri 2 Mandrehe yang selama ini mengalami hambatan dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share di kelas XI SMK Negeri 2 Mandrehe Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa hasil observasi untuk guru pada siklus I mencapai rata-rata 47,5%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 88,75%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai rata-rata 47% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 89,5%. Hasil evaluasi pembelajaran pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 67,24 dan pada siklus II meningkat menjadi 82,15. Persentase ketuntasan yang dicapai pada siklus I adalah sebesar 28% dan siklus II mencapai sebesar 84%. Kesimpulannya bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian dengan penerapan model pembelajaran Think Pair Share di kelas XI SMK Negeri 2 Mandrehe Tahun Pelajaran 2022/2023.

References

Amalia, L., Astuti, D. A., Istiqomah, N. H., Hapsari, B., & Daniar, A. S. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif. Cahya Ghani Recovery.
Azis, E. (2024). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 54–64.
Fernando, Y., Andriani, P., & Syam, H. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68.
Khoiri, Q., & Nopitasari, M. (2024). Pengelolaan interaksi belajar-mengajar. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4(2), 199–205.
Lathifa, N. N., Anisa, K., Handayani, S., & Gusmaneli, G. (2024). Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(2), 69–81.
Magdalena, I., Agustin, E. R., & Fitria, S. M. (2024). Konsep Model Pembelajaran. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(1), 1–10.
Musdalifah, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(1), 47–66.
Nurhayani, N., Asiri, F. R., Simarmata, R., & Barella, Y. (2024). Strategi Belajar Mengajar. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 255–266.
Susilawati, D. (2024). Pengantar Ilmu Pendidikan.
Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh aspek kognitif, afektif, dan psikomotor terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1–9.
Vadila, A. (2023). PEMBELAJARAN KOOPERATIF: TIPE STAD, NHT, TPS.
Yana, A. D., & Nurhaliza, K. (2024). Peningkatan Percaya Diri Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Pada Siswa Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 373–384.
Zaidah, A., & Hidayatulloh, A. (2024). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar. JPIPAS: Jurnal Pendidikan IPA Dan Ilmu Sains, 1(1), 31–36.
Published
2025-02-08
How to Cite
GULO, Reforman et al. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE (THINK-PAIR-SHARE) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 2 MANDREHE. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 620-629, feb. 2025. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/6090>. Date accessed: 14 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i1.6090.
Section
Articles