@article{consilium, author = {Reforman Gulo and Wahyutra Adilman Telaumbanua and Yearning Harefa and Arianto Lahagu}, title = { PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE (THINK-PAIR-SHARE) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 2 MANDREHE}, journal = {Consilium: Education and Counseling Journal}, volume = {5}, number = {1}, year = {2025}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengamatan peneliti pada pelaksanaan pembelajaran di SMK Negeri 2 Mandrehe yang selama ini mengalami hambatan dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share di kelas XI SMK Negeri 2 Mandrehe Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa hasil observasi untuk guru pada siklus I mencapai rata-rata 47,5%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 88,75%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai rata-rata 47% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 89,5%. Hasil evaluasi pembelajaran pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 67,24 dan pada siklus II meningkat menjadi 82,15. Persentase ketuntasan yang dicapai pada siklus I adalah sebesar 28% dan siklus II mencapai sebesar 84%. Kesimpulannya bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian dengan penerapan model pembelajaran Think Pair Share di kelas XI SMK Negeri 2 Mandrehe Tahun Pelajaran 2022/2023.}, issn = {2775-9466}, pages = {620--629}, doi = {10.36841/consilium.v5i1.6090}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/6090} }