EFEKTIVITAS TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENDORONG PENINGKATAN DISIPLIN SISWA DI SMKN 1 TINAMBUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas teknik self-management dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMKN 1 Tinambung. Metode yang digunakan adalah kuasi-eksperimental dengan desain Non-equivalent Control Group Design, yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan teknik self-management dan kelompok kontrol yang tidak mendapat perlakuan. Teknik self-management terdiri dari empat tahap: self-monitoring, self-reward, self-contracting, dan self-control. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan signifikan dalam kedisiplinan siswa, sebagaimana dibuktikan melalui hasil uji statistik yang signifikan (p < 0,05). Sebaliknya, kelompok kontrol tidak menunjukkan peningkatan signifikan dalam kedisiplinan, dengan beberapa siswa mengalami penurunan skor setelah post-test. Penelitian ini mengindikasikan bahwa teknik self-management efektif dalam membentuk perilaku disiplin yang lebih baik pada siswa dan disarankan untuk diterapkan di sekolah sebagai bagian dari program bimbingan konseling.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas teknik self-management dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMKN 1 Tinambung. Metode yang digunakan adalah kuasi-eksperimental dengan desain Non-equivalent Control Group Design, yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan teknik self-management dan kelompok kontrol yang tidak mendapat perlakuan. Teknik self-management terdiri dari empat tahap: self-monitoring, self-reward, self-contracting, dan self-control. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan signifikan dalam kedisiplinan siswa, sebagaimana dibuktikan melalui hasil uji statistik yang signifikan (p < 0,05). Sebaliknya, kelompok kontrol tidak menunjukkan peningkatan signifikan dalam kedisiplinan, dengan beberapa siswa mengalami penurunan skor setelah post-test. Penelitian ini mengindikasikan bahwa teknik self-management efektif dalam membentuk perilaku disiplin yang lebih baik pada siswa dan disarankan untuk diterapkan di sekolah sebagai bagian dari program bimbingan konseling.