EFEKTIVITAS TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENDORONG PENINGKATAN DISIPLIN SISWA DI SMKN 1 TINAMBUNG

  • Nurma Said Universitas Negeri Makassar
  • Farida Aryani Universitas Negeri Makassar
  • Sahril Buchori Universitas Negeri Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas teknik self-management dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMKN 1 Tinambung. Metode yang digunakan adalah kuasi-eksperimental dengan desain Non-equivalent Control Group Design, yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan teknik self-management dan kelompok kontrol yang tidak mendapat perlakuan. Teknik self-management terdiri dari empat tahap: self-monitoring, self-reward, self-contracting, dan self-control. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan signifikan dalam kedisiplinan siswa, sebagaimana dibuktikan melalui hasil uji statistik yang signifikan (p < 0,05). Sebaliknya, kelompok kontrol tidak menunjukkan peningkatan signifikan dalam kedisiplinan, dengan beberapa siswa mengalami penurunan skor setelah post-test. Penelitian ini mengindikasikan bahwa teknik self-management efektif dalam membentuk perilaku disiplin yang lebih baik pada siswa dan disarankan untuk diterapkan di sekolah sebagai bagian dari program bimbingan konseling.

Published
2024-09-09
How to Cite
SAID, Nurma; ARYANI, Farida; BUCHORI, Sahril. EFEKTIVITAS TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENDORONG PENINGKATAN DISIPLIN SISWA DI SMKN 1 TINAMBUNG. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 38-49, sep. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/5214>. Date accessed: 14 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i1.5214.
Section
Articles