@article{consilium, author = {Nurma Said and Farida Aryani and Sahril Buchori}, title = { EFEKTIVITAS TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENDORONG PENINGKATAN DISIPLIN SISWA DI SMKN 1 TINAMBUNG}, journal = {Consilium: Education and Counseling Journal}, volume = {5}, number = {1}, year = {2024}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas teknik self-management dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMKN 1 Tinambung. Metode yang digunakan adalah kuasi-eksperimental dengan desain Non-equivalent Control Group Design, yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan teknik self-management dan kelompok kontrol yang tidak mendapat perlakuan. Teknik self-management terdiri dari empat tahap: self-monitoring, self-reward, self-contracting, dan self-control. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan signifikan dalam kedisiplinan siswa, sebagaimana dibuktikan melalui hasil uji statistik yang signifikan (p < 0,05). Sebaliknya, kelompok kontrol tidak menunjukkan peningkatan signifikan dalam kedisiplinan, dengan beberapa siswa mengalami penurunan skor setelah post-test. Penelitian ini mengindikasikan bahwa teknik self-management efektif dalam membentuk perilaku disiplin yang lebih baik pada siswa dan disarankan untuk diterapkan di sekolah sebagai bagian dari program bimbingan konseling.}, issn = {2775-9466}, pages = {38--49}, doi = {10.36841/consilium.v5i1.5214}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/5214} }