HUBUNGAN PENDEKATAN KOGNITIF TEORI KONSTRUK KEPRIBADIAN KELLY TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR

  • Putri Hana Pebriana Universitas Negeri Malang
  • Adi Atmoko Universitas Negeri Malang
  • Radeni Sukma Indra Dewi Universitas Negeri Malang

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal yang penulis lakukan bahwa guru seperti bersikap adil sesama murid, berlaku sabar, bersikap kasih dan penyayang namun penulis menemukan ada beberapa gejala yang mendukung kepribadian yang tidak sesuai dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan pendekatan kognitif teori konstruk kepribadian kelly terhadap hasil belajar IPAS dalam kurikulim merdeka di Sekolah Dasar. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif korelasional, sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di salah satu sekolah dasar di Bangkinang Kota. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan pendekatan kognitif teori konstruk kepribadian kelly terhadap hasil belajar IPAS dalam kurikulim merdeka di Sekolah Dasar dikarenakan ada banyak aspek-aspek dari kepribadian yang memang sangat mempengaruhi sikap siswa dalam menghadapi suatu hal, seperti sifat-sifatnya, pikiran-pikirannya, motifnya, perasaan, kepercayaan dirinya, dan lain-lain. Bila seorang siswa memiliki kepribadian yang kuat maka dia akan memiliki pikiran yang positif terhadap hasil belajar

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal yang penulis lakukan bahwa guru seperti bersikap adil sesama murid, berlaku sabar, bersikap kasih dan penyayang namun penulis menemukan ada beberapa gejala yang mendukung kepribadian yang tidak sesuai dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan pendekatan kognitif teori konstruk kepribadian kelly terhadap hasil belajar IPAS dalam kurikulim merdeka di Sekolah Dasar. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif korelasional, sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di salah satu sekolah dasar di Bangkinang Kota. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan pendekatan kognitif teori konstruk kepribadian kelly terhadap hasil belajar IPAS dalam kurikulim merdeka di Sekolah Dasar dikarenakan ada banyak aspek-aspek dari kepribadian yang memang sangat mempengaruhi sikap siswa dalam menghadapi suatu hal, seperti sifat-sifatnya, pikiran-pikirannya, motifnya, perasaan, kepercayaan dirinya, dan lain-lain. Bila seorang siswa memiliki kepribadian yang kuat maka dia akan memiliki pikiran yang positif terhadap hasil belajar

Published
2024-06-03
How to Cite
PEBRIANA, Putri Hana; ATMOKO, Adi; INDRA DEWI, Radeni Sukma. HUBUNGAN PENDEKATAN KOGNITIF TEORI KONSTRUK KEPRIBADIAN KELLY TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 7-13, june 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/4484>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i2.4484.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.