PENGARUH METODE SAS DI SEKOLAH DASAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

  • Siti Roh Haeni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Encep Andriana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Rokmanah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode SAS di sekolah dasar untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Serang 03, Serang-Banten. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif/deskriptif. Dalam penelitian ini melibatkan guru wali kelas II dan peserta didik, sebagai partisipan penelitian. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi literatur. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu pada tahap pertama sebanyak 25% peserta didik mampu memahami proses struktural dengan kartu kalimat yang diberikan, tahap kedua sebanyak 50% peserta didik mengenali huruf pada kalimat yang telah dibaca, dan tahap ketiga sebanyak 25% lancar dalam membaca tanpa di eja. Maka dapat disimpulkan metode SAS dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik mengenai tata bahasa, kosa kata, dan struktural kalimat. Selain itu, peserta didik akan lebih mudah menguasai bacaan dengan lancar pada kesempatan berikutnya.

Published
2023-08-29
How to Cite
HAENI, Siti Roh; ANDRIANA, Encep; ROKMANAH, Siti. PENGARUH METODE SAS DI SEKOLAH DASAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 122-128, aug. 2023. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/3805>. Date accessed: 28 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v3i2.3805.
Section
Articles