PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CAPCUT PADA TEMA 3 SUBTEMA KELAS V SDN 04 KOTO BARU
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran tema 3 makanan sehat subtema
2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh dalam pembelajaran pendidik hanya menggunakan
media gambar dan LKPD, akan tetapi pembelajaran belum maksimal. Untuk mengatasi hal
tersebut peneliti berupaya mengembangkan video animasi pembelajaran menggunakan aplikasi
capcut kelas V SDN 04 Koto Baru yang bertujuan untuk menghasilkan video animasi
pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan
yaitu menggunakan model ADDIE yang terdiri dari, Analyze (Analisis), Design (Perancangan),
Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi),
subjek uji coba adalah peserta didik kelas V SDN 04 Koto Baru. Instrumen penelitian berupa
lembar velidasi, praktikalitas dan efektifitas. Instrumen penilaian ini di validitas oleh tiga
validator, validator materi, validator bahasa dan validator media, kemudian lembar praktikalitas
video animasi pembelajaran ditentukan oleh praktisi. Serta efektifitas video animasi
pembelajaran ditentukan dari hasil belajar peserta didik kelas V SDN 04 Koto Baru. Hasil
penilaian validasi video animasi pembelajaran menggunakan aplikasi capcut pada uji validasi
oleh tiga orang ahli mempunyai skor rata-rata 84,95% termasuk kategori sangat valid artinya
video animasi pembelajaran sudah sesui dengan kelayakan materi, kelayakan bahasa, dan
media. Uji praktikalitas dengan skor rata-rata 92,90% dikategorikan sangat praktis artinya video
animasi pembelajaran sudah dapat digunakan dengan mudah untuk proses pembelajaran,
sedangkan hasil efrektivitas video animasi pembelajaran menggunakan aplikasi capcut pada
tema 3 subtema 2 kelas V dengan skor rata-rata 80% dikategorikan sangat efektif artinya video
animasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajaran peserta didik
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran tema 3 makanan sehat subtema
2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh dalam pembelajaran pendidik hanya menggunakan
media gambar dan LKPD, akan tetapi pembelajaran belum maksimal. Untuk mengatasi hal
tersebut peneliti berupaya mengembangkan video animasi pembelajaran menggunakan aplikasi
capcut kelas V SDN 04 Koto Baru yang bertujuan untuk menghasilkan video animasi
pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan
yaitu menggunakan model ADDIE yang terdiri dari, Analyze (Analisis), Design (Perancangan),
Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi),
subjek uji coba adalah peserta didik kelas V SDN 04 Koto Baru. Instrumen penelitian berupa
lembar velidasi, praktikalitas dan efektifitas. Instrumen penilaian ini di validitas oleh tiga
validator, validator materi, validator bahasa dan validator media, kemudian lembar praktikalitas
video animasi pembelajaran ditentukan oleh praktisi. Serta efektifitas video animasi
pembelajaran ditentukan dari hasil belajar peserta didik kelas V SDN 04 Koto Baru. Hasil
penilaian validasi video animasi pembelajaran menggunakan aplikasi capcut pada uji validasi
oleh tiga orang ahli mempunyai skor rata-rata 84,95% termasuk kategori sangat valid artinya
video animasi pembelajaran sudah sesui dengan kelayakan materi, kelayakan bahasa, dan
media. Uji praktikalitas dengan skor rata-rata 92,90% dikategorikan sangat praktis artinya video
animasi pembelajaran sudah dapat digunakan dengan mudah untuk proses pembelajaran,
sedangkan hasil efrektivitas video animasi pembelajaran menggunakan aplikasi capcut pada
tema 3 subtema 2 kelas V dengan skor rata-rata 80% dikategorikan sangat efektif artinya video
animasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajaran peserta didik