@article{consilium, author = {Muhammad Subhan and Amril Amril and Riatul Jannah}, title = { PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CAPCUT PADA TEMA 3 SUBTEMA KELAS V SDN 04 KOTO BARU}, journal = {Consilium: Education and Counseling Journal}, volume = {3}, number = {1}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran tema 3 makanan sehat subtema2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh dalam pembelajaran pendidik hanya menggunakanmedia gambar dan LKPD, akan tetapi pembelajaran belum maksimal. Untuk mengatasi haltersebut peneliti berupaya mengembangkan video animasi pembelajaran menggunakan aplikasicapcut kelas V SDN 04 Koto Baru yang bertujuan untuk menghasilkan video animasipembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembanganyaitu menggunakan model ADDIE yang terdiri dari, Analyze (Analisis), Design (Perancangan),Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi),subjek uji coba adalah peserta didik kelas V SDN 04 Koto Baru. Instrumen penelitian berupalembar velidasi, praktikalitas dan efektifitas. Instrumen penilaian ini di validitas oleh tigavalidator, validator materi, validator bahasa dan validator media, kemudian lembar praktikalitasvideo animasi pembelajaran ditentukan oleh praktisi. Serta efektifitas video animasipembelajaran ditentukan dari hasil belajar peserta didik kelas V SDN 04 Koto Baru. Hasilpenilaian validasi video animasi pembelajaran menggunakan aplikasi capcut pada uji validasioleh tiga orang ahli mempunyai skor rata-rata 84,95% termasuk kategori sangat valid artinyavideo animasi pembelajaran sudah sesui dengan kelayakan materi, kelayakan bahasa, danmedia. Uji praktikalitas dengan skor rata-rata 92,90% dikategorikan sangat praktis artinya videoanimasi pembelajaran sudah dapat digunakan dengan mudah untuk proses pembelajaran,sedangkan hasil efrektivitas video animasi pembelajaran menggunakan aplikasi capcut padatema 3 subtema 2 kelas V dengan skor rata-rata 80% dikategorikan sangat efektif artinya videoanimasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajaran peserta didik}, issn = {2775-9466}, pages = {171--181}, doi = {10.36841/consilium.v3i1.3067}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/3067} }