PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVIEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Dodik Eko Yulianto universitas abdurachman saleh situbondo

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams  Achiviement Division (STAD) pada siswa kelas 3 SDN 1 Lamongan Arjasa Situbondo mata pelajaran IPS materi uang semester genap tahun pelajaran 2021-2022. Penentuan subjek penelitian menggunakan metode purposive area yaitu siswa kelas 3 yang terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, wawancara, tes dan dokumen. Data yang dikumpulkan berupa (1) hasil observasi aktivitas guru selama pelaksanaan pembelajaran; (2) hasil belajar siswa melalui ulangan harian berupa tes tulis. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, yang masing-masing terdiri atas 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas 3 SDN 1 Lamongan Arjasa Situbondo dari hasil belajar siswa meningkat dari belum tuntas menjadi tuntas secara klasikal.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams  Achiviement Division (STAD) pada siswa kelas 3 SDN 1 Lamongan Arjasa Situbondo mata pelajaran IPS materi uang semester genap tahun pelajaran 2021-2022. Penentuan subjek penelitian menggunakan metode purposive area yaitu siswa kelas 3 yang terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, wawancara, tes dan dokumen. Data yang dikumpulkan berupa (1) hasil observasi aktivitas guru selama pelaksanaan pembelajaran; (2) hasil belajar siswa melalui ulangan harian berupa tes tulis. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, yang masing-masing terdiri atas 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas 3 SDN 1 Lamongan Arjasa Situbondo dari hasil belajar siswa meningkat dari belum tuntas menjadi tuntas secara klasikal.

Published
2021-03-30
How to Cite
YULIANTO, Dodik Eko. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVIEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 91-96, mar. 2021. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/2206>. Date accessed: 09 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v1i1.2206.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.