@article{consilium, author = {Dodik Yulianto}, title = { PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVIEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA}, journal = {Consilium: Education and Counseling Journal}, volume = {1}, number = {1}, year = {2021}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achiviement Division (STAD) pada siswa kelas 3 SDN 1 Lamongan Arjasa Situbondo mata pelajaran IPS materi uang semester genap tahun pelajaran 2021-2022. Penentuan subjek penelitian menggunakan metode purposive area yaitu siswa kelas 3 yang terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, wawancara, tes dan dokumen. Data yang dikumpulkan berupa (1) hasil observasi aktivitas guru selama pelaksanaan pembelajaran; (2) hasil belajar siswa melalui ulangan harian berupa tes tulis. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, yang masing-masing terdiri atas 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas 3 SDN 1 Lamongan Arjasa Situbondo dari hasil belajar siswa meningkat dari belum tuntas menjadi tuntas secara klasikal.}, issn = {2775-9466}, pages = {91--96}, doi = {10.36841/consilium.v1i1.2206}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/2206} }