PERBEDAAN KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH BELAJAR SISWA ANTARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH 1 PANJI 2023/2024

  • Gustilas Ade Setiawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Khoirun Nisha Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penyelesaian masalah belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran examples non examples dengan model pembelajaran student teams achievement division pada mata pelajaran IPA kelas 5 SD Muhammadiyah 1 Panji tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 di SD Muhammadiyah 1 Panji yaitu kelas 5 Shofa berjumlah 31 orang sebagai kelas kontrol dan kelas 5 Marwah berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes yang berupa tes tulis. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi poin biserial dan reliabilitas instrumen dengan rumus KR-20. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas data dengan uji lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji fisher dan analisis data menggunakan rumus uji-t separated varians. Dari hasil analisis data diperoleh hasil t hitung > t tabel (dengan taraf signifikasi 0,05 dan n = 60) yaitu 2,97 > 1,67, maka dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan kemampuan masalah belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples dan student teams achievement division kelas 5 SD Muhammadiyah 1 Panji tahun pelajaran 2023/2024.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penyelesaian masalah belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran examples non examples dengan model pembelajaran student teams achievement division pada mata pelajaran IPA kelas 5 SD Muhammadiyah 1 Panji tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 di SD Muhammadiyah 1 Panji yaitu kelas 5 Shofa berjumlah 31 orang sebagai kelas kontrol dan kelas 5 Marwah berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes yang berupa tes tulis. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi poin biserial dan reliabilitas instrumen dengan rumus KR-20. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas data dengan uji lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji fisher dan analisis data menggunakan rumus uji-t separated varians. Dari hasil analisis data diperoleh hasil t hitung > t tabel (dengan taraf signifikasi 0,05 dan n = 60) yaitu 2,97 > 1,67, maka dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan kemampuan masalah belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples dan student teams achievement division kelas 5 SD Muhammadiyah 1 Panji tahun pelajaran 2023/2024.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Bumi Aksara.
Haryono. (2013). Pembelajaran IPA yang Menarik dan Mengasyikkan. Yogyakarta: Kapel Press.
Hermansyah. (2013). Populasi dan Sampel. Diakses 10 Maret 2018, dari http://www.populasidansampel.html
Huda, M. (2013). Model-model Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Istarani. (2011). Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan: Media Persada.
Kurniadi, H. (2010). Model Pembelajaran Examples Non Examples. Diakses 20 Februari 2018, dari https://www.eurekapendidikan.com/2015/02/model-pembelajaran-examples-non-examples.html
Lestari. (2015). Pembelajaran IPA di Sekoah Dasar. Diakses 25 Februari 2018, dari http://eprints.uny.ac.id/14139/2/BAB%20II.pdf
Pustaka, K. (2016). Pengertian dan Tahapan Penyelesaian Masalah. Diakses 20 Februari 2018, dari https://www.kajianpustaka.com/2016/04/pengertian-dan-tahapan-penyelesaian-masalah.html
Rizki, Ajeng. (2017). Perbedaan Keterampilan Berbicara Siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick (Tongkat Berbicara) dan Snowball Throwing (Melempar Bola Salju) Kelas 3 SD. Diakses dari perpustakaan, Universitas Abdurachman Saleh.
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran. Bandung: PT Raja Grafindo Persada
Sekolah, Dasar. (2016). Prinsip-Prinsip Pembelajaran IPA di SD. Diakses 25 Februari 2018, dari http://www.sekolahdasar.net/2011/06/prinsip-prinsip-pembelajaran-ipa-di-sd.html
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kombinasi. Yogyakarta: Alfabeta
Tim Dosen Prodi PGSD UNARS. (2016). Pedoman Penulisan Skripsi. Situbondo: UNARS Press
Uno, Hamzah B. (2011). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2024-07-26
How to Cite
SETIAWAN, Gustilas Ade; NISHA, Khoirun. PERBEDAAN KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH BELAJAR SISWA ANTARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH 1 PANJI 2023/2024. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 323-331, july 2024. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/4838>. Date accessed: 14 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v8i1.4838.