@article{cermin_unars, author = {Gustilas Setiawan and Khoirun Nisha}, title = { PERBEDAAN KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH BELAJAR SISWA ANTARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH 1 PANJI 2023/2024}, journal = {CERMIN: Jurnal Penelitian}, volume = {8}, number = {1}, year = {2024}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penyelesaian masalah belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran examples non examples dengan model pembelajaran student teams achievement division pada mata pelajaran IPA kelas 5 SD Muhammadiyah 1 Panji tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 di SD Muhammadiyah 1 Panji yaitu kelas 5 Shofa berjumlah 31 orang sebagai kelas kontrol dan kelas 5 Marwah berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes yang berupa tes tulis. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi poin biserial dan reliabilitas instrumen dengan rumus KR-20. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas data dengan uji lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji fisher dan analisis data menggunakan rumus uji-t separated varians. Dari hasil analisis data diperoleh hasil t hitung > t tabel (dengan taraf signifikasi 0,05 dan n = 60) yaitu 2,97 > 1,67, maka dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan kemampuan masalah belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples dan student teams achievement division kelas 5 SD Muhammadiyah 1 Panji tahun pelajaran 2023/2024.}, issn = {2615-3238}, pages = {323--331}, doi = {10.36841/cermin_unars.v8i1.4838}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/4838} }