PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, BRAND IMAGE (CITRA MEREK) DAN TRUST (KEPERCAYAAN) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT. POS INDONESIA (PERSERO) KECAMATAN KAPONGAN KABUPATEN SITUBONDO

  • Santi Harisetiowati Program Studi Manajemen. Fakultas Bisnis dan Manajemen, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Mohammad Yahya Arief Program Studi Manajemen. Fakultas Bisnis dan Manajemen, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Ida Subaida Program Studi Manajemen. Fakultas Bisnis dan Manajemen, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Ratna Koba Susanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, Brand Image (citra merek) dan trust (kepercayaan) berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan (2) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, brand image (citra merek) dan trust (kepercayaan) berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan (3) untuk mengetahui diantara kualitas pelayanan, Brand Image (citra merek) dan trust (kepercayaan) yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif Hasil penelitian adalah persamaan regresi linier berganda Y = 3,550E-17+ 0,214 + 0,213 + 0,510 + e. Secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan dengan nilai sebesar 2,732, sebesar 1,663. Brand Image berpengaruh positif signifikan dengan nilai sebesar 2,469, 1,663 sebesar. Trust berpengaruh positif signifikan dengan nilai sebesar 5,721, sebesar 1,663. Secara simultan kualitas pelayanan, brand image (citra merek) dan trust (kepercayaan) berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, dengan nilai sebesar 36,091, sebesar 2,72. Variabel yang paling berpengaruh dominan dalam penelitian ini adalah trust (kepercayaan)dengan nilai sebesar 5,721

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, Brand Image (citra merek) dan trust (kepercayaan) berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan (2) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, brand image (citra merek) dan trust (kepercayaan) berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan (3) untuk mengetahui diantara kualitas pelayanan, Brand Image (citra merek) dan trust (kepercayaan) yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif Hasil penelitian adalah persamaan regresi linier berganda Y = 3,550E-17+ 0,214 + 0,213 + 0,510 + e. Secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan dengan nilai sebesar 2,732, sebesar 1,663. Brand Image berpengaruh positif signifikan dengan nilai sebesar 2,469, 1,663 sebesar. Trust berpengaruh positif signifikan dengan nilai sebesar 5,721, sebesar 1,663. Secara simultan kualitas pelayanan, brand image (citra merek) dan trust (kepercayaan) berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, dengan nilai sebesar 36,091, sebesar 2,72. Variabel yang paling berpengaruh dominan dalam penelitian ini adalah trust (kepercayaan)dengan nilai sebesar 5,721

References

Apriliani,D. 2020. “ Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Brand image, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas pelanggan pada membercard”.Tidak diterbitkan. Skripsi.Lampung.Universitas Islam Negeri Raden intan.

Cahyo dan Wahyudi. 2009. Analisis Pengaruh Kepercayaan Atas Merek Pada EkuitasMerek. Jurnal Bisnis dan Manaemen, Vol.9 No.1.

Durianto, Darmadi, 2011, Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, Cetakan XX, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Ferrinadewi, Erna, 2008, Merek & Psikologi Konsumen Implikasi pada Strategi Pemasaran, edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta

Hasan. A. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan.Yogyakarta.CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Kotler, P dan Amstrong.2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.

Mardiana,F. 2020.“Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas pelanggan Perusahaan Otobus Kurnia (PO. Kurnia) Rute Padang-Medan”.Tidak Di terbitkan.Skripsi.Lampung .Universitas Negeri Padang.

Tjiptono.2012.StrategiPemasaran.ed.3.Yogyakarta:Andi.

Yanti,A. 2019. ”Pengaruh Kualitas Layanan, Brand image dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening”.Tidak Diterbitkan. Skripsi.Semarang.Universitas IAIN Salatiga.
Published
2022-12-28
How to Cite
HARISETIOWATI, Santi et al. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, BRAND IMAGE (CITRA MEREK) DAN TRUST (KEPERCAYAAN) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT. POS INDONESIA (PERSERO) KECAMATAN KAPONGAN KABUPATEN SITUBONDO. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 625-636, dec. 2022. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/2552>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v6i2.2552.
Section
Articles