PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, BRAND IMAGE (CITRA MEREK) DAN TRUST (KEPERCAYAAN) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT. POS INDONESIA (PERSERO) KECAMATAN KAPONGAN KABUPATEN SITUBONDO
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, Brand Image (citra merek) dan trust (kepercayaan) berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan (2) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, brand image (citra merek) dan trust (kepercayaan) berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan (3) untuk mengetahui diantara kualitas pelayanan, Brand Image (citra merek) dan trust (kepercayaan) yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif Hasil penelitian adalah persamaan regresi linier berganda Y = 3,550E-17+ 0,214 + 0,213 + 0,510 + e. Secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan dengan nilai sebesar 2,732, sebesar 1,663. Brand Image berpengaruh positif signifikan dengan nilai sebesar 2,469, 1,663 sebesar. Trust berpengaruh positif signifikan dengan nilai sebesar 5,721, sebesar 1,663. Secara simultan kualitas pelayanan, brand image (citra merek) dan trust (kepercayaan) berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, dengan nilai sebesar 36,091, sebesar 2,72. Variabel yang paling berpengaruh dominan dalam penelitian ini adalah trust (kepercayaan)dengan nilai sebesar 5,721
Downloads
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, Brand Image (citra merek) dan trust (kepercayaan) berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan (2) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, brand image (citra merek) dan trust (kepercayaan) berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan (3) untuk mengetahui diantara kualitas pelayanan, Brand Image (citra merek) dan trust (kepercayaan) yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif Hasil penelitian adalah persamaan regresi linier berganda Y = 3,550E-17+ 0,214 + 0,213 + 0,510 + e. Secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan dengan nilai sebesar 2,732, sebesar 1,663. Brand Image berpengaruh positif signifikan dengan nilai sebesar 2,469, 1,663 sebesar. Trust berpengaruh positif signifikan dengan nilai sebesar 5,721, sebesar 1,663. Secara simultan kualitas pelayanan, brand image (citra merek) dan trust (kepercayaan) berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, dengan nilai sebesar 36,091, sebesar 2,72. Variabel yang paling berpengaruh dominan dalam penelitian ini adalah trust (kepercayaan)dengan nilai sebesar 5,721
References
Cahyo dan Wahyudi. 2009. Analisis Pengaruh Kepercayaan Atas Merek Pada EkuitasMerek. Jurnal Bisnis dan Manaemen, Vol.9 No.1.
Durianto, Darmadi, 2011, Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, Cetakan XX, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Ferrinadewi, Erna, 2008, Merek & Psikologi Konsumen Implikasi pada Strategi Pemasaran, edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta
Hasan. A. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan.Yogyakarta.CAPS (Center For Academic Publishing Service).
Kotler, P dan Amstrong.2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.
Mardiana,F. 2020.“Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas pelanggan Perusahaan Otobus Kurnia (PO. Kurnia) Rute Padang-Medan”.Tidak Di terbitkan.Skripsi.Lampung .Universitas Negeri Padang.
Tjiptono.2012.StrategiPemasaran.ed.3.Yogyakarta:Andi.
Yanti,A. 2019. ”Pengaruh Kualitas Layanan, Brand image dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening”.Tidak Diterbitkan. Skripsi.Semarang.Universitas IAIN Salatiga.