PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC (Cooperative Integrated Reading an Composition) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN PEMBELAJARAN 2024-2025
Abstract
Abstrak: Penelitian yang berjudul Penerapan model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk meningkatkan Keterampilan Membaca peserta didik Kelas III di Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Ajaran 2024-2025. yg dilatar belakangi sang kurangnya keterampilan membaca peserta didik pada kelas III di mata belajaran Bahasa Indonesia di SDN 2 Perante. Tujuan penelitian ini merupakan untuk mengetahui peningkatan membaca menggunakan model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) di mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III Tahun Ajaran 2024-2025. Penelitian ini memakai metode PTK dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. di penelitian ini menggunakan dua siklus yang terdiri dari 2 kali pertemuan dalam 1 siklus, yaitu pada siklus pertama memakai 2 kali pertemuan dan siklus kedua menggunakan 2 kali pertemuan. pada penelitian pertama menunjukkan 6 peserta didik yg tidak tuntas 3 siswa yg tuntas yang terdiri 9 peserta didik dalam keterampilan membaca adalah data yang dihasilkan sebanyak 67% siswa yang belum tuntas serta 33% siswa yang dinyatakan tuntas. pada penelitian kedua atau siklus 2 menerangkan 7 peserta didik yang tuntas dan dua peserta didik yang belum tuntas asal 9 peserta didik pada keterampilan membaca ialah data yang dihasilkan sebanyak 78% peserta didik dinyatakan tuntas, tetapi 22% peserta didik masih dinyatakan belum tuntas. dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk meningkatkan keterampilkan membaca peserta didik kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tahun 2024-2025 dinyatakan berhasil.
Kata kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition, Keterampilan Membaca
References
Ayuningrum, Syamzah. (2022) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Gagasan Pokok Paragraf di SD Islam Pb Soedirman Jakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika 6.2 461632.
Darmayanti, Ni Wayan Sri, et all., (2024)Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan dan Implementasinya bagi Guru dan Mahasiswa. Nilacakra,
Gianistika, C. (2021). Strategi Pembelajaran Contextual Teaching Dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Membaca Nyaring Bahasa Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 656-671. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.359
Jariah, A., Gustina, R., Muhardini, S., Habiburrahman, H., Ihsani, B. Y., & Nurmiwati, N. (2023, July). Efektifitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Paedagoria (Vol. 3, pp. 234-243).
Kusumawardani, S., Diyanti, R., & Santoso, G. (2020, December). Peningkatan keterampilan memahami isi bacaan dengan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) pada Siswa Kelas VB di SDN Pondok Pinang 10. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 2020).
Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Jurnal Sakinah, 2(1), 14-23.
Putri, A., Rambe, R. N., Nuraini, I., Lilis, L., Lubis, P. R., & Wirdayani, R. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 51-62. Https://Doi.Org/10.55606/Jupensi.V3i2.1984
Sundari, R. K., & Damayanti, M. I. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Suka Baca Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Permulaan Di Kelas I Sdn Balongsari 1/500 Surabaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 980-989.
Sundusi, N. N., Fauziah, U., Sundawiati, A. S., Herlina, L., & Nurjamilah, A. S. (2023). PENERAPAN METODE SQ3R DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS 11 MAN 1 KABUPATEN TASIKMALAYA. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 1(4), 1233-1240.
Suparlan, S. (2021). Ketrampilan Membaca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Fondatia, 5(1), 1-12.
Syafitri, C. R., & Mansurdin, M. (2020). Model Cooperative Integrated Reading And Composition Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1335-1346. Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V4i2.600
Tjoen, N. L., & Samsudin, A. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS II SD MAKEDONIA. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2071-2085.







