ANALISIS EFEKTIVITAS INTEGRASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) TERHADAP KUALITAS PENGAMBILAN KEPUTUSAN KEPALA SEKOLAH UNTUK PENINGKATAN MUTU BERKELANJUTAN DI SD NEGERI WATES
Abstract
Kualitas pengambilan keputusan kepala sekolah merupakan pengungkit krusial untuk mendorong peningkatan mutu sekolah yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas integrasi prinsip Total Quality Management (TQM) dan data Sistem Informasi Manajemen (SIM) terhadap kualitas pengambilan keputusan Kepala Sekolah di SD Negeri Wates. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif berdesain studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah dan dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi TQM dan SIM terbukti sangat efektif dalam mentransformasi proses pengambilan keputusan. Sinergi antara filosofi TQM yang menekankan perbaikan berkelanjutan dan fokus pada pelanggan dengan data objektif dari SIM (rekap nilai dan kehadiran siswa) telah meningkatkan kualitas keputusan, menggesernya dari yang bersifat intuitif menjadi berbasis bukti, partisipatif, dan tepat sasaran. Inisiasi program “Zero O’clock” menjadi contoh utama di mana data SIM mengidentifikasi masalah, dan prinsip TQM memandu solusi yang kolaboratif dan evaluatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi yang efektif ini secara langsung meningkatkan kualitas keputusan strategis, yang pada gilirannya menjadi katalisator bagi peningkatan mutu sekolah yang berkelanjutan.
References
Mulyasa, E. (2003). Menjadi kepala sekolah profesional dalam konteks menyukseskan MBS dan KBK.
Yin, R. K. (2017). Case study research and applications: Design and methods. Sage publications.
Goetsch, D. L., & Davis, S. B. (2014). Quality management for organizational excellence: Introduction to total quality. Pearson Higher Ed.
Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2018). Management Information Systems: Managing the Digital Firm (15th ed.). Pearson.
Mandinach, E. B., & Gummer, E. S. (2016). What does it mean for teachers to be data literate? Laying out the skills, knowledge, and dispositions. Teaching and Teacher Education, 60, 366–376.
Mulyasa, E. (2009). Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Remaja Rosda Karya.
Sallis, E. (2014). Total Quality Management in Education. Routledge.







