PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP PEMAHAMAN SISWA TENTANG GEOMETRI BANGUN DATAR SISWA KELAS III SD NEGERI CERMEE 1 TAHUN AJARAN 2024/2025
Abstract
Mengajar matematika di sekolah dasar membantu anak-anak membangun keterampilan berpikir logis, terorganisir, dan kritis. Meskipun demikian, banyak siswa kesulitan memahami konsep matematika, terutama tentang bentuk geometris. Mengamati siswa kelas tiga menunjukkan bahwa kesulitan mereka dalam memahami bentuk dan fitur bentuk geometris berasal dari metode pengajaran lama yang tidak menggunakan alat bantu visual. Makalah ini akan menunjukkan pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap pemahaman siswa mengenai bangun datar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen (Quasi Eksperimen) menggunakan pendekatan posttest-only control group design. Penelitian ini melibatkan dua kelompok kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Picture and Picture, dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional sebagai pembanding. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes pilihan ganda. Temuan penelitian mengindentifikasi bahwa nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen sebesar 81,25, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 64,25. Temuan ini menujukkan model Picture and Picture memberikan dampak yang positif dan berarti terhadap peningkatan pemahaman siswa dalam materi geometri bangun datar.
References
Asy’ari & Nonong, R. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA SMA NEGERI 3 BANJARMASIN. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 18(2): 54-62
Daimah, U.S & Suparni (2021). Pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka dalam mempersiapkan peserta didik di era society 5.0. Jurnal of mathematics education and applied, V (2) : 131-139.
Dhea Ananda, B.B, dkk. (2024). “Mengajarkan Konsep Dasar Geometri di SD: Langkah awal menuju pemahaman Matematika. Jurnal od education and Learning Evaluation, 1(2).764-769
Djamaluddin, A. & Wardana, M. (2019). Belajar dan pembelajaran. Sulawesi selatan : Cv. Kaaffah Learning Center.
Elok Ayu, W.W. 2024. “ Pengaruh model pembelajaran Problem based learning (PBL). Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Bercak 1 Tahun Pelajaran 2023-2024”. [Skripsi]. Universitas Aburachman Saleh Situbondo.
Fianingrum, F. Novaliyusi, N., & Lindiasari, H (2023). Kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika :5(1)
Isnu, H. 2019. Strategi pembelajaran popular. Yogyakarta :DIVA Press.
Merlia P.A. (2022) : “Pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada IPA SD Negeri 24 Seluma(Skripsi, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu).
Miftahul, H. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Ngalim Purwanto. (2007). Psikologi Pendidikan, Bandung:PT Remaja Posdakarya, .Hlm.102
Regita, K. D., & Krisma, W.W . (2020). Pengaruh model pembelajaran picture and picture ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa dasar. Jurnal Bruscrdu 4(4) : 1060 – 1074.
Sari P.F dkk. (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Siswa pada kelas III. Jurnal Ilmiah Pendidikan 3(2) : 2798-365X
Slamet, H & Muttaqin. (2020). Pemahaman konsep geometri pada pembelajaran problem based learning bermuatan einomatematika bangun cagar budaya kota semarang. Jurnal review pendidikan dasar 6 (3) : 2460 -8475.
Sugiyono. (2019) Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . bandnung:CV .Alfabeta.
Syafa’atun & Nurlaela. 2022. Analisis Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8 (9).







