PENGARUH MODEL INQUIRY TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF PADA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 CURAH JERU TAHUN AJARAN 2024/2025

  • Alfin Riadi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Ach Munawi Husein Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Putu Eka Suarmika Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media manipulatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Curah Jeru, Situbondo. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain posttest only control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling yang terdiri dari kelas IV-B sebagai kelas eksperimen (18 siswa) dan kelas IV-A sebagai kelas kontrol (29 siswa), sehingga total sampel berjumlah 47 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar matematika. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t pada nilai posttest menunjukkan thitung 11,79 > ttabel  2,01, sehingga H₀ ditolak dan H₁ diterima. Kelas eksperimen mencapai rata-rata 84,44 yang secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (63,56). Temuan ini membuktikan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media manipulatif memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa.

References

Aqodiah, A. (2024). Kurikulum merdeka: langkah menuju pendidikan yang berfokus pada kreativitas dan kemandirian di sekolah dasar negeri. Ibtida'iy: Jurnal Prodi PGMI, 9(2), 15-24.
Anggraini, M., & Mahmudah, I. (2023). Penggunaan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI pada Mata PelajaranMatematika. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 3(2), 125-131. https://doi.org/10.55868/jeid.v3i2.301
Bela, A., Bistari, B., & Sabri, T. (2018). Pengaruh Media Manipulatif Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(6). https://doi.org/10.26418/jppk.v8i6.33469
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468. https://doi.org/10.37081/ed.v8i2
Fahmia, H., Karjiyati, V., & Dalifa, D. (2019). Pengaruh model guided inquiry terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika siswa SD Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(3), 237-244. https://doi.org/10.33369/juridikdas.2.3.237-244
Farhana, S., Amaliyah, A., Safitri, A., & Anggraeni, R. (2022). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran media manipulatif matematika di sekolah dasar. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(12), 892-896. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i12.171
Golding, J. (2021). Flexible learner or imposter? Learning A Level mathematics in England through the COVID-19 pandemic. Teaching Mathematics and Its Applications: International Journal of the IMA, 40(4), 263-276. https://doi.org/10.1093/teamat/hrab025
Gutiérrez, R. (2022). A spiritual turn: Toward desire-based research and Indigenous futurity in mathematics education. Journal for Research in Mathematics Education, 53(5), 379-388. https://doi.org/10.5951/jresematheduc-2022-0005
Hanan, M. P., & Alim, J. A. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Pada Materi Geometri. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(2), 59-66. https://doi.org/10.58917/ijme.v2i2.64
Lisarani, V. (2022). Simulasi Penerapan Media Manipulatif Jaring-Jaring Kubus untuk Peserta Didik SMP Kelas VIII. Aksioma, 11(2), 132-140. https://doi.org/10.22487/aksioma.v11i2.2453
Neti, E., & Amini, R. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Strategi Active Learning Tipe Turnamen Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3132-3144. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.819
Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2021). Model pembelajaran inkuiri sebagai strategi mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109-120. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p109-120
Papunggo, A. F., Rondonuwu, A. T., & Rungkat, J. A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Zat Aditif Dan Akditif Di SMP Negeri 2 Tondano. Soscied, 7(1), 21-36. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v7i1.757
Romiyansah, R., Karim, K., & Mawaddah, S. (2020). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v8i1.8342
Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(2), 278-288. https://doi.org/10.36088/pandawa.v2i2.800
Sugiyono. (2021) Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Alfabeta.
Tutiareni, T., Hendrawan, B., & Nugraha, M. F. (2021). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal PGSD, 7(2), 12-19 https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JPS
Tohir, A. (2020). Efektivitas model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 27 Tegineneng. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 48-53. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23015
Winarbin, G. (2020). Penggunaan Media Benda Konkret Guna Meningkatkan Kemampuan Hitung Bangun Datar Dan Ruang. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 5(3). https://i-rpp.com/index.php/jipk/article/vie
Wibowo, D. C., Ocberti, L., & Gandasari, A. (2021). Studi kasus faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika di SD Negeri 01 Nanga Merakai. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 60-64. https://doi.org/10.54367/aquinas.v8i1
Published
2025-10-10
How to Cite
RIADI, Alfin; HUSEIN, Ach Munawi; SUARMIKA, Putu Eka. PENGARUH MODEL INQUIRY TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF PADA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 CURAH JERU TAHUN AJARAN 2024/2025. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 200-212, oct. 2025. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/6927>. Date accessed: 05 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v4i3.6927.
Section
Articles