PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN PRAJEKAN KIDUL 01
Abstract
Penelitian ini yang berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Problem based learning Berbantuan Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di SDN Prajekan Kidul 01 yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas V pada mata pelajaran Matematika di SDN Prajekan Kidul 01. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan wordwall terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika Di SDN Prajekan Kidul 01. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti hasil nilai harian siswa, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan 20 butir soal dinyatakan valida atau > 0,444. Uji reliabilitas sebesar 0,803 > 0,70. Uji prasyarat analisis dilakukan dengan menggunakan uji Liliefors, tingkat signifikan kelas eksperimen 0,090 >0,05 dan kelas kontrol 0,076 > 0,05. Uji prasyarat analisis uji homogenitas dengan hasil Fhitung < Ftabel (1,047 <1,955) maka Ho diterima. Pengambilan keputusan hipotesis dilihat hasil dari Thitung = 3,039 dan Ttabel = 2,064 dalam hal ini Thitung lebih besar dari Ttabel, karena itu Thitung signifikan.
References
Arends (2012:398-399) dalam Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27-35. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-analisis model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal basicedu, 5(3), 1349-1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924
Hutagalung, M. T., Siagian, A. F., & Saragih, S. T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem based learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Subtema Sumber Energi. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(02), 438-444. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i02.305
Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44-48. http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/2202
Komariah, I., Mutakarikah, M., Widati, R., & Pribadi, R. A. (2024). Efektifitas Model Pembelajaran Problem based learning Dalam Meningkatkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 10(2), 138-147. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/transformasi/article/view/12141
Maifitri, M. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Model Problem based learning dan Bahan Ajar Berbasis CTL siswa kelas X SMA Negeri 8 Mandau. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(3), 138-144. https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/JUBPI/article/view/2805
Meilasari, S., & Yelianti, U. (2020). Kajian model pembelajaran problem based learning (pbl) dalam pembelajaran di sekolah. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195-207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849
Mulyasa 2021 dalam Tethool, G., Paat, W. R. L., & Wonggo, D. (2021). Pene rapan model pembelajaran blended learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 268-275. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/1546
Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194-202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323
Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2022). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 70-77. https://www.academia.edu/download/87673115/490647035.pdf
Rahmawati, N., Dorahman, B., Nurul, N., Puspita, D. R., & Latifah, N. (2022). Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4581-4586. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7358
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA
Syahpitri, P., & Darwis, U. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sd Negeri 101952 Tualang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 514-522. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18750
Tethool, G., Paat, W. R. L., & Wonggo, D. (2021). Penerapan model pembelajaran blended learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 268-275. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/1546







