PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA NILAI DISIPLIN TERHADAP SISWA KELAS IV DI SDN KALITAPEN 2 DALAM PEMBELAJARAN PANCASILA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penanaman pendidikan karakter nilai disiplin kepada siswa kelas IV di SDN Kalitapen 2 melalui pembelajaran Pancasila. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan lokasi penelitian di SDN Kalitapen 2. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, wali kelas IV, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru wali kelas IV (Renita Istifadah S.M), kepala sekolah (Nonik Evasusanti S.Pd ), guru (Erik Fajari S.Pd), serta siswa bernama fajra nada nadhifa dan yoga alwira rifki dan dokumentasi kegiatan selama 15 pertemuan. Untuk menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi, sedangkan analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan utama sebagai berikut: (1) Penerapan kedisiplinan dalam penyelesaian tugas, khususnya pada mata pelajaran Pancasila, sudah berlangsung cukup baik, meskipun masih ditemukan siswa yang kurang disiplin seperti menunda tugas atau menyalin pekerjaan teman. (2) Disiplin waktu tergolong baik; mayoritas siswa hadir tepat waktu, guru datang lebih awal, dan pembelajaran dimulai sesuai jadwal yang telah ditentukan. (3) Dalam kegiatan kerja kelompok, siswa menunjukkan sikap disiplin melalui pembentukan kelompok yang tertib, pembagian tugas yang adil, serta pelaksanaan kerja sama yang serius. (4) Kedisiplinan saat kepulangan sekolah telah berjalan dengan tertib, di mana siswa hanya diizinkan pulang setelah bel resmi berbunyi. (5) Pembelajaran Pancasila dilaksanakan secara rutin sesuai jadwal, yakni dua kali setiap minggu. (6) Siswa kelas IV sudah cukup baik dalam menjaga kebersihan kelas, terlihat dari kebiasaan rutin seperti piket harian, membuang sampah pada tempatnya, Jumat Bersih, merawat tanaman, dan ikut lomba kebersihan antar kelas.
Kata kunci: Pendidikan Karakter, Disiplin, Pelajaran Pancasila, Siswa sekolah dasar
References
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Sarjakawi. 2008. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara
Kemendikbud. (2010). Pengembangan Pendidikan badan Dan Karakter Bangsa
Samani, M.H. (2012). Pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurwanti, N.(2013). Implementasi Disiplin Sekolah dalam Membentuk karakter siswa diSMP Negeri 5 Surakarta. Jurnal Pendidikan Karkter,3(1),24-30. Rahmat, Nur., Sepriadi., & Daliana, Rasmi. 2017. Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Guru Kelas di SD Negeri 3 Rejosari Kabupaten Oku Timur. JMKSP. Vol 2(20. Hal 229-244
Rahman dkk, 2023, Peran Guru Ips Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Mandiri Pada Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 7 Kota Cirebon, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Volume 6, Nomor 1.
Watson, M. (2014). Mengontro prilaku peserta didik dengan pendekatan alternatif displin dikelas. Jakarta: Pereatasi Pustaka
Rohman.(2018).Pentingnya sikap disiplin dalam membentuk karakter disiplin siswa. Jurnal Pendidikan karakter,8(2),79-86.
Creswell, John W. 2014. Research Design, Qualitatives, Quantitative, and Mixed Methods Approcahes (Fourth Edition). United State of America: Sage Publications.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.







