ANALISIS PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS 3 SDN PRAJEKAN KIDUL 3 MELALUI PENDEKATAN INOVATIF MEMBACA BERSAMA

  • Alya Hasanah Ummul Mu’minin Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Amalia Risqi Puspitaningtyas Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Mufarrahatus Syarifah Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan kemampuan literasi baca-tulis siswa melalui pendekatan inovatif membaca bersama di kelas III SDN Prajekan Kidul 3. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru wali kelas 3, kepala sekolah, tiga siswa perwakilan. dan dokumentasi kegiatan selama enam kali pertemuan. dengan fokus pada pembiasaan literasi dan strategi membaca kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran aktif sebagai fasilitator literasi, baik melalui pembacaan cerita nyaring, penyediaan pojok baca, maupun pembiasaan membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai. Guru juga menerapkan strategi membaca kelompok secara kolaboratif untuk membangun pemahaman bacaan dan meningkatkan kepercayaan diri siswa. Dua siswa yang mengalami kesulitan membaca, yaitu dalam aspek kelancaran membaca dan pembeda bunyi huruf, dibimbing secara individual melalui latihan fonemik, media visual interaktif, serta pendekatan multisensori. Pendekatan yang adaptif, konsisten, dan responsif terhadap kebutuhan siswa terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi dan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan membaca. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya inovasi strategi pembelajaran literasi yang berpusat pada siswa dalam membangun kebiasaan literasi sejak dini.


 


Kata kunci: peran guru, literasi, membaca bersama, pembelajaran inovatif, sekolah dasar

References

Nasution, A. (2023). Peran Orang Tua dalam Penguatan Literasi Anak Usia Sekolah
Dasar. Jurnal Literasi Keluarga, 9(2), 45–52.
Susanti, L. (2023). Strategi Mengatasi Kesulitan Membaca Huruf Mirip pada Anak
Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inklusi, 6(1), 55–62.
Kemdikbudristek. (2023). Panduan Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar. Jakarta:
Direktorat Pendidikan Dasar.
Wahyuni, S., & Ramadhani, I. (2024). Keterampilan Fonologis dan Dampaknya pada
Literasi Dini. Jurnal Ilmu Pendidikan Anak, 8(2), 17–26.
Fitriyani, R., & Mulyadi, A. (2023). Pengaruh Kemampuan Visual Terhadap Literasi
Dasar Siswa Kelas Rendah. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 35 42.
Zulfa, M., & Herlambang, T. (2024). Faktor Psikologis dalam Kesulitan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi Pendidikan, 14(1), 23–31.
Ismail. Model-Model Pembelajaran (.Jakarta: Dit. Pendidikan Lanjutan Pertama,2003)
Wahyuari,Sartono. Metode Pembelajaran Inovatif. (Jakarta : Grasindo, 2012)
Aswat, H. (2020). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi
Dayabaca Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 70–78.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.302.
Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21
Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling,
3(1), 34–40.
D Fraja, Hamzah, & A Heiriyah 2019 Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam
Menerapkan Minat Membaca pada Siswa di SMP Negeri 31 Banjarmasin J.
MahasiswaBKAN-Nur Berbeda, Bermakna, Mulia
Fitriyah, L. (2020). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui model kooperatif tipe STAD. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 15(1), 25–32.
Aprilia, R. (2021). Pendekatan Inovatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.Yogyakarta:
Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Handayani, S. (2020). Strategi Guru dalam Meningkatkan Literasi Membaca pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 55–63
Published
2025-11-14
How to Cite
UMMUL MU’MININ, Alya Hasanah; PUSPITANINGTYAS, Amalia Risqi; SYARIFAH, Mufarrahatus. ANALISIS PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS 3 SDN PRAJEKAN KIDUL 3 MELALUI PENDEKATAN INOVATIF MEMBACA BERSAMA. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 232-242, nov. 2025. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/6919>. Date accessed: 05 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v4i4.6919.