PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SDN 5 PATOKAN

  • Rosalinda Setianingrum Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Dodik Eko Yulianto Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Vidya Pratiwi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah cara belajar yang menggunakan pendekatan (Scientific) bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan cara belajar yang tidak menggunakan pendekatan Scientific atau pendekatan langsung. Penelitian ini membandingkan dua kelas: kelas V-A yang belajar dengan cara biasa (tanpa pendekatan ilmiah) dan kelas V-B yang belajar dengan pendekatan ilmiah. Pilihan kelas ini dilakukan secara acak. Untuk mengukur peningkatan nilai, peneliti memberikan tes kepada kedua kelas. Hasil tes kemudian dianalisis menggunakan uji statistik. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa siswa yang belajar dengan pendekatan Scientific mendapatkan nilai yang lebih baik dibandingkan siswa yang belajar dengan pendekatan langsung atau tanpa pendekatan Scientific.

References

Amelia, W., Rini, C. P., & Zuliani, R. (2024). Pengaruh Pendekatan Scientific terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Slipi 15 Jakarta Barat. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(1), 55-60
Aufa, G. (2023). Penerapan Pendekatan Scientific pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas II Sekolah Dasar (Studi Literatur). e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(3), 405-420.
Erdawati, S., & Sartika, T. (2022). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Integrated Elementary Education, 2(2), 105–116
Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9.
Kementerian Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2022). Kementerian Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 025/H/KR/2022 Tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Jalur Mandiri pada Tahun Ajaran 2022/2023 Tahap 1.
Kusayang, T., Reni, R. P., Qadariah, N., & Rois, M. (2023). Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pendekatan Scientific Di Taman Kanak-kanak Al-Azhar Kota Jambi. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 141-151.
Novianto, A., Fitriani, N. L., Deniswa, A. S., Izzati, M. H. N., Firdaus, F., Ningrum, N. Y., & Dewi, R. C. (2024) Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2).
Sari, S. I., & Sutriyani, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Materi Bangun Ruang Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Integrated Elementary Education, 3(1), 1-15.
Suja, I. W. (2019). Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran. Lembaga Pengembangan Pembelajaran Dan Penjaminan Mutu (Lpppm) Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 5-10.
Wahsun, W. (2023). Implementasi Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Hard Skills Dan Soft Skill Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 503-507.
Published
2025-11-28
How to Cite
SETIANINGRUM, Rosalinda; YULIANTO, Dodik Eko; PRATIWI, Vidya. PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SDN 5 PATOKAN. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 243-249, nov. 2025. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/6866>. Date accessed: 05 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v4i4.6866.