ANALISIS IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM PEMBENTUKAN DIMENSI P5 GOTONG ROYONG SISWAMELALUI KEGIATAN ECOBRIK DI KELAS V SDN 1 ALASMALANG

  • Aenor Rofek Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Lailatul Fitriyah Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Reky Lidyawati Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana SDN 1 Alasmalang menerapkan proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5). Melalui pengendalian asesmen dan pelaporan hasil observasi dan tindak lanjut, proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan karate peserta didik. Studi ini menerapkan metodologi kualitatif. Analisis data termasuk pengumpulan, kondensasi, penyajian, dan kesimpulan, serta wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) desain P5m terdiri dari pembentukan tim, menentukan kesiapan sekolah, menentukan dimensi karakter Profil Pelajar Pancasila yang ingin dikuatkan, menentukan tema, merencanakan waktu, alur, asesmen, dan modul; 2) pengelolaan P5 meliputi provokasi dan kontekstualisasi, tindakan P5, dan perayaan hasil belajar; dan 3) pengolahan asesmen dan pelaporan hasil P5 meliputi mengumpulkan, mengolah, dan membuat rapor proyek, dan 4) Dimensi karakter Profil Pelajar Pancasila, yang terutama beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bergotong royong, mandiri, berpikir kritis, dan kreatif, dapat dikuatkan melalui evaluasi dan tindak lanjut P5.

References

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.17
Zuchron , Daniel. “Tunas Pancasila.” Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknolog. 2021.
Febia Ghina Tsuraya, Nurul Azzahra, Salsabila Azahra, & Sekar Puan Maharani. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Sekolah Penggerak. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 179–188. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.860
Wahyuningsih, A. (2020). Penanaman Karakter Gotong Royong Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor. In Prosiding Seminar Internaional Kolokium 2020, 100–104
Majida, A. Z., Muzaki, A., Karomah, K., & Awaliyah, M. (2023). Pemanfaatan Sampah Plastik dengan Metode Ecobrick Sebagai Upaya Mengurangi Limbah Plastik. Profetik: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(01), 49–6 https://doi.org/10.62490/profetik.v1i01.340
Safrudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2), 1–15.
Published
2025-12-04
How to Cite
ROFEK, Aenor; FITRIYAH, Lailatul; LIDYAWATI, Reky. ANALISIS IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM PEMBENTUKAN DIMENSI P5 GOTONG ROYONG SISWAMELALUI KEGIATAN ECOBRIK DI KELAS V SDN 1 ALASMALANG. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 250-258, dec. 2025. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/6863>. Date accessed: 05 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v4i4.6863.