MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 3 PLALANGAN SEMESTER I
Abstract
Abstrak: Ketepatan penggunaan suatu metode akan menunjukkan fungsionalnya strategi dalam kegiatan pembelajaran. Metode pembelajaran jenisnya beragam yang masing – masing memiliki kelebihan dan kelemahan, maka pemilihan metode yang sesuai dengan topik yang diajarkan harus betul – betul difikirkan guru yang akan menyampaikan materi pelajaran dengan KKM 65 secara individual. Berdasarkan uraian latar belakang masalah, penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : 1) Bagaimanakah penerapan metode penemuan terbimbing (guided discovery) dapat meningkatkan hasil belajar siswa ? dan 2) Apakah metode penemuan terbimbing (guided discovery) dapat meningkatkan hasil belajar siswa ?. Jenis penelitian tindakan ini termasuk penelitian tindakan kelas. Tempat penelitian adalah di SD Negeri 3Plalangan. Penelitian ini terdiri atas empat fase yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Bahwa dapat disimpulkan sebagai berikut: Penerapan metode penemuan terbimbing (guided discovery) dapat meningkan hasil belajar siswa. Ada peningkatan hasil belajar mencapai 20% dari 60% siklus I menjadi 80% siklus II melalui metode penemuan terbimbing (guided discovery).
References
Amin Suyitno, 2004. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas, 2010. Standar Penilaian Pendidikan Jakarta
Erman Suherman, 2001. Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia
Hudojo, 2010. Kapita Selekata Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).
Mulyasa, 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung PT. Remaja Rosdakarya
Ruseffendi, 2000. Pendidikan Matamatika. Jakarta: Depdikbud
Sardiman, 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Cakrawala Pendidikan.
Soedjadi, 2010. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Sukmana, 2009. Belajar Secara Efektif, Jakarta Paspa Swara
Suprayekti, 2003. Ilmu Pendidikan. Bandung Rosdakarya
Supriyanto, 2012. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara
Suryosubroto, 2007 Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali
Suryosubroto, 2009. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Syaiful Bahri Djamarah, 2003. Rahasia Sukses Belajar, Jakarta PT. Rineka Cipta
T. Raka Joni, 2004. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Tabrani, 2002. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Tri Wijayanti, 2011, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Cipta Karya
Turmudi, dan .Aljupri, 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Renika Cipta.
Winataputra, 2008, Strategi Belajar Mengajar. Depdikbud. Semarang







