ANALISIS IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI SDN 1 ALASMALANG

  • Aenor Rofek Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Sitti Nur Holiza Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Heldie Bramantha Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Moh Zamili Universitas Ibrahimy

Abstract

Abstrak: Kurikulum merdeka sudah diterapkan di sekolah-sekolah di Indonesia pada tahun akademik 2022/2023. Bagaimana proses pembelajaran kurikulum merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran kurikulum merdeka dilaksanakan di SDN 1 Alasmalang, tantangan apa yang dihadapi, dan bagaimana sekolah mengatasi tantangan tersebut. Penelitian kualitatif deskriptif ini melibatkan kepala sekolah, wali kelas, dan siswa kelas IV di SDN 1 Alasmalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sebagai metode pengumpulan data, penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis digunakan untuk menganalisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN 1 Alasmalang sudah menerapkan kurikulum merdeka. Proses pembelajaran di SDN 1 Alasmalang berjalan dengan cukup baik. Kurikulum merdeka bertujuan untuk membentuk siswa yang memiliki kepribadian dan kompetensi yang baik. dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi dan mengungkapkan minat mereka dalam pelajaran. Selain itu, kurikulum ini berdampak pada tingkat partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. dalam menerapkan kurikulum merdeka, yaitu dengan membuat bahan ajar dan Alur pembelajaran ini disusun sebagai kumpulan tujuan pembelajaran dari awal hingga akhir pada setiap fase capaian pembelajaran (CP). Alur ini mencakup modul ajar, penyusunan capaian pembelajaran (CP), tujuan pembelajaran (TP), dan alur tujuan pembelajaran (ATP). Susunan ini dilakukan untuk membuat proses atau kegiatan pembelajaran lebih terstruktur dan lebih terarah sehingga memudahkan guru mencapai tujuan pembelajaran.

References

Astuti, E. N., et al. (2019). Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(2), 112-125.
Aziz, Farhan Zabdul. Dkk. 2022. Attractive: Innovtaive Education Journal: Transformasi Kebijakan Kurikulum Pendiidkan di Indonesia Sebagai Landasan Pengelolaan Pendiidkan, (Online), Vol. 4, No. 2, (https://doi.org/10.51278/aj.v4i2.438)
Indriyanto, Bambang. 2012. Jurnal Tarbiyah Islamiyah: Analisis Kebijakan Kurikulum Di Sekolah Dasar (Tinjauan Kurikulum 13 Hingga Kurikulum Merdeka), (Online), Vol. 8, No.1, (https://doi.org/10.48094/raudhah.v8i1.282)
Kurniawan, F., & Haris, M. (2023). Peran Partisipatif Stakeholder dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan, 7(1), 45-56.
Muzdalifa, E. 2022. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan: Transformasi Kurikulum 2013 Menuju Merdeka Belajar Di Sma Negeri 1 Pontianak, (Online), Vol. 14, No. 1. (TRANSFORMASI KURIKULUM 2013 MENUJU MERDEKA BELAJAR DI SMA NEGERI 1 PONTIANAK | Ramadhan | VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (stkippersada.ac.id)
Permendikbud. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Prayogo. 2020. Peluang Reformasi Pendidikan Di Tengah Pandemi Covid-19. https://www.y.prayogo.kalderanews.com/2020/05/peluang-reformasi-pendidikan-ditengah-pandemicovid-19-begini-kata-mendikbud/. Diakses tanggal 04 Desember 2020 Pukul 23.00
Ramadhan, I. (2023). Dinamika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Pada Aspek Perangkat Dan Proses Pembelajaran. Academy of Education Journal, 14(2), 622–634. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1835
Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur. Konferensi Nasional Pendidikan I.
Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157.
Sugiyono. 2017. METODE PENELITIAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.cv
Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E., Maulani, I., Mukhlish, I., Rizki Azhari, M. H., Muhammad Isa, H., & Maulana Amin, I. (2020). Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588
Sulistiyo, A., & Maryati, D. (2021). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Tantangan dan Harapan. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 89-102.
Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. Aceh: FTK Ar-Raniry Press
Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296
Published
2025-06-01
How to Cite
ROFEK, Aenor et al. ANALISIS IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI SDN 1 ALASMALANG. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 151-158, june 2025. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/6417>. Date accessed: 05 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v4i2.6417.
Section
Articles