PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI KERJASAMA DI KELAS III SEMESTER 1 DI SD NEGERI 1 DAWUAN KECAMATAN SUBOH
Abstract
Penggunaan metode ceramah pada pembelajaran IPS tidak dapat membuat aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dan siswa kurang mampu menguasai bahan ajar pada pokok bahasan tertentu, karena metode ini hanya bersifat searah. Kegiatan pembelajaran yang kurang bervariasi seringkali membuat siswa menjadi bosan, jenuh dan mengantuk, sehingga siswa tidak memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru. Siswa lebih suka berbicara atau bergurau sendiri dengan teman sebangkunya. Rumusan masalah adalah “ Bagaimanakah penerapan metode role playing dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas III Semester 1 SD Negeri 1
Dawuan Kecamatan Suboh? ” Penelitian ini direncanakan menggunakan dua siklus, apabila pada siklus pertama tidak diperoleh ketuntasan belajar secara klasikal, maka penelitian dilanjutkan pada siklus II. Apabila siklus II sudah memperoleh ketuntasan belajar secara klasikal maka penelitian ini akan diberhentikan dan tidak dilanjutkan pada siklus III. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Role Playingpada pembelajaran IPS materi kerjasama ini efektif, karena dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam proses belajar mengajar. Presentase hasil tes formatif mengalami peningkatan pada siklus I sampai dengan siklus II dari 76% menjadi 86%.
References
Aini. 2014. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Jenis- Jenis Pekerjaan Dengan Menggunakan Pendekatan Contekstual (Contextual Teaching and Learning) Kelas III Semester Genap di SDN 3 Ketah Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2013/2014”
Anitah W, DKK. 2011. Strategi Pembelajarandi SD. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Hanafiah dan Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran: Refika Aditama. Hanafiah dan Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran: Refika Aditama. Hanafiah dan Suhana. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran: Refika Aditama. Handayani. 2014. “Penerapan Metode Role Playing (bermain peran) dengan
Menggunakan Media Film Dokumenter untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS(PTK Kelas VB SD Negeri 68 Kota Bengkulu)”
Iswandi. 2012. “peningkatan aktivitas dan hasil belajar pembelajaran PKN dengan
Bermain Peran kelas IV SDN 09”.
Rosdijati.Dkk. 2010. Panduan Pakem IPS SD. Gelora Aksara Pratama.
Sarjiyo, Sugandi dan Ischak. 2011. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Sapriya. 2011. Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya. Setiasih.dkk. 2004. Pengetahuan Sosial. Klaten: Macanan Jaya Cemerlang.
Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Suyono. 2011. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Materi Drama Dengan Model Pembelajaran Role Play pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kalisari Semester II Tahun Pelajaran 2010/2011”
Sari. 2011. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Teknik Jigsaw Pada Siswa Kelas V SDN Kepatihan 01 Kecamatan Kaliwates Tahun Pelajaran 2011/2012”. Laporan Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Jember.
Wahab, dkk. 2010. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.







