PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA QUIZIZ TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI GUGUS 4 PANJI TAHUN AJARAN 2024/2025

  • Fitriyatul Jannah Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Vidya Pratiwi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Putu Eka Suarmika Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Suatu keberhasilan dalam proses pembelajaran guru harus mampu mengembangkan potensi kreatifitas dalam mengajar atau dengan menggunakan model pembelajaran. Banyak guru yang menggunakan model pengajaran yang tidak mendorong siswa untuk aktif dalam belajar, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa, seperti yang terjadi di Gugus 4 Panji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe (TGT) Berbantuan Media Quizizz Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Di Gugus 4 Panji Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasy Experiment, berupa Posttest Only Control Group Design. Berdasarkan hasil post test yang telah dilakukan terdapat nilai post-test siswa kelas eksperimen dengan nilai tertinggi 92 dan nilai terendah 66, sedangkan nilai post-test di kelas kontrol yaitu nilai tertinggi 69 dan nilai terendah 40. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian diatas dapat dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test dengan  nilai signifikan 0,001 < 0,05 menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe TGT (Team Game Tournament) berpengaruh terhadap hasil belajar berbantuan media quizizz pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V Gugus 4 Panji tahun ajaran 2024/2025.

References

Al Haddar, G., & Juliano, M. A. (2021). Analisis media pembelajaran quizizz dalam pembelajaran daring pada siswa tingkat sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4794-4801.
Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109-3116.
Azizah, E. N., Koesmadi, D. P., & Nur’afifah, U. U. (2024). Pengaruh Metode Teams Games Tournament (Tgt) terhadap Minat Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di Mi Al Falah Beran. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1527-1532.
Denny, D. (2024). Penerapan Metode Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswapada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Argumentasi. Sintaksis: Publikasi Para ahli Bahasa dan Sastra Inggris, 2(5), 258-265.
Devi, K. K. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz untuk Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Kutosari (Doctoral dissertation, IAINU Kebumen).
Fauzi, A., & Masrupah, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Ngaos: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 10-20
Hariyanto, A. (2019). Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan Jigsaw Melalui Pendekatan Saiintifik. Deepublish. Yogyakarta
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80-86
Martin, R., & Simanjorang, M. M. (2022). Pentingnya peranan kurikulum yang sesuai dalam pendidikan di indonesia. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 125-134.
Marwati, E., Anugrahana, A., & Ariyanti, P. B. Y. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) Kelas IV SD Negeri Plaosan 1. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2601-2607.
Peraturan Kementerian Pendidikan, dan Kebudayaan Nomor 32, Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka, 2024. Jakarta
Pratikto, N. S., Sukmawati, R. A., & Suryaningsih, Y. (2024). Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Berkonteks Kawasan Lahan Basah dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Berbantuan Quizizz pada Materi Peluang. Jurmadikta, 4(1), 73-83.
Pratiwi, V., Bramantha, H., & Hamidiah, N. (2024). Perbedaan Kemampuan Memecahkan Masalah Menggunakan Model Make A Match Dengan Model Pembelajaran Langsung Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 789-794.
Shilphy A. Octavia. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish
Sugiyono (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Jakarta
Published
2025-05-06
How to Cite
JANNAH, Fitriyatul; PRATIWI, Vidya; EKA SUARMIKA, Putu. PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA QUIZIZ TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI GUGUS 4 PANJI TAHUN AJARAN 2024/2025. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 70-82, may 2025. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/6323>. Date accessed: 05 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v4i2.6323.
Section
Articles