MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTSN 2 SEMARANG

  • Nabilah Agustine Kresnaya Universitas Negeri Semarang
  • Amelia Puja Lestari Universitas Negeri Semarang
  • Lisa Anggrahini Universitas Negeri Semarang
  • Nur Intan Anindyah Rosita Universitas Negeri Semarang

Abstract

Pendidikan merupakan pilar utama dalam kemajuan suatu bangsa, dan manajemen pembiayaan pendidikan berperan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi manajemen pembiayaan pendidikan di MTsN 2 Semarang dan dampaknya terhadap peningkatan mutu pendidikan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif studi kasus dengan subjek penelitian wakil kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian di MTsN 2 Semarang menunjukkan bahwa manajemen pembiayaan pendidikan yang baik berkontribusi pada peningkatan prestasi peserta didik, peningkatan sarana dan prasarana, serta kredibilitas lembaga pendidikan. Proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembiayaan dilakukan secara transparan dan akuntabel, sehingga mendukung pencapaian tujuan pendidikan yang lebih baik. Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM) dilakukan secara partisipatif, melibatkan berbagai pihak, dan sumber dana berasal dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) serta dana komite. Dengan demikian, manajemen pembiayaan pendidikan yang efektif di MTsN 2 Semarang terbukti mampu meningkatkan mutu pendidikan dan memberikan dampak positif bagi peserta didik.

Author Biography

Nur Intan Anindyah Rosita, Universitas Negeri Semarang

 

 

References

Dj Nurkamiden, U., & Anwar, H. (2023). KONSEP MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(01), 53–64. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v11i1.3384
Mesiono, Suswanto, Lubis Rifai Rahmat, & Haidir. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Imam Muslim Serdang Bedagai. INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM, 13(1). https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
Mukaromah ‘Uliyatul. (2021). MANAJEMEN PEMBIAYAAN DALAM MENINGKATKAN SUMBER DANA DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL-HASAN BABADAN PONOROGO. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 113–121. https://doi.org/10.21154/maalim.v2i2.2994
Nanang Fattah, (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis Aktivitas Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nuna, D. M., & Abdurrahman. (2024). Manajemen Pembiayaan Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Peserta Didik di MA Al-Mashduqiah. Jurnal Educatio, 10(1), 61–68. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6607
Rusdiana A. (2019). MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN: FilosofI, Konsep, dan Aplikasi (1st ed.). Pusat Penelitian Penerbitan UIN SGD Bandung.
Rusmiyati, S., Miyono, N., & Sumarno. (2024). MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU AKADEMIK MI NEGERI 2 SEMARANG. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04), 231–243. https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.20543
Said, M., Sulhan, A., & Hakim, L. (2024). Optimalisasi Manajemen Dana Bos dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1864–1872. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2441
Suryana, S. (2021). PERMASALAHAN MUTU PENDIDIKAN DALAM PERSPEPEKTIF PEMBANGUNAN PENDIDIKAN. Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971
Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D (2nd ed.). Alfabeta.
Syaifullah, M. (2021). MANAJEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN. SCOLAE: JOURNAL OF PEDAGOGY, 4(1), 11–17. https://doi.org/10.56488/scolae.v4i1.86
Tri Ekowati, E., & Ayu Nyoman, N. M. (2019). MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM AR RAHMAH KECAMATAN SURUH. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 8(1), 2252–3057. https://doi.org/10.26877/jmp.v8i1.5368
Published
2025-05-05
How to Cite
KRESNAYA, Nabilah Agustine et al. MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTSN 2 SEMARANG. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 57-69, may 2025. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/6322>. Date accessed: 05 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v4i2.6322.
Section
Articles