PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 101845 SUKAMAKMUR

  • Prisilla Rilyana Universitas Negeri Medan
  • Robenhart Tamba Universitas Negeri Medan
  • Zainuddin Zainuddin Universitas Negeri Medan
  • Yusra Nasution Nasution Universitas Negeri Medan
  • Fajar sidik Siregar Universitas Negeri Medan

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV SD Negeri 101845 Sukamakmur T.A 2024/2025. Penelitian ini menggunakan penelitian Quasi Experimen. Sedangkan Desain yang digunakan adalah Quasi Experimental Design (Nonequivalent control group design). Hasil penelitian dapat dilihat ketika peneliti memberikan tes pretest kepada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, hasil skor rata-rata pretest pada kelas eksperimen yaitu 41,4 sedangkan skor rata-rata pada kelas kontrol yaitu 39,17 Kemudian pada dua kelas tersebut diberikan perlakuan yang berbeda dengan materi yang sama yaitu Tumbuhan, Sumber Kehidupan Di Bumi, di kelas eksperimen pembelajaran menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR), sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Selanjutnya kedua kelas diberikan soal posttest. Berdasarkan hasil posttest terlihat bahwa skor rata-rata posttest yang diperoleh kelas eksperimen 77,92 sedangkan skor rata-rata pada kelas kontrol 48,75. Berdasarkan uji normalitas pada penelitian ini diketahui bahwa seluruh data dalam penelitian ini, diketahui bahwa data pretest dan posttest baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol berdistribusi normal, selanjutnya uji homogenitas menunjukkan nilai 0,306 > 0,05 atau data pada penelitian ini tergolong homogen. Selanjutnya peneliti melakukan uji hipotesis menggunakan independent sampel t-test karena data pada penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t menunjukan bahwa thitung (2-tailed) < ttabel (0,000 < 0,05) atau H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa mengetahui Pengaruh yang signifikan pada model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV SD Negeri 101845 Sukamakmur T.A 2024/2025.

References

Prastika, Y. D. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 17–22.
Istarani. (2017). Model Pembelajaran Inovatif : Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran.
Shoimin, A. (2013). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Trianto Ibnu Bahar. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konstekstual. Jakarta: Prenadamedia Group
Rukminingsih, & Dkk. (2020). Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kualitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Erhaka Utama
Sukardi. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi Dan Praktiknya. Bumi Aksara.
Muhyi, & Dkk. (2018). Metodologi Penelitian. Adi Buana University Press.
Herdayati, & Syahrial. (2019). Desain Penelitian Dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian. Vol. 7 No. 1. Jakarta, 53(9).
Published
2025-02-01
How to Cite
RILYANA, Prisilla et al. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 101845 SUKAMAKMUR. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 17-37, feb. 2025. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/6087>. Date accessed: 27 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v4i1.6087.