PERANAN KEBIJAKAN TENTANG KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI INDONESIA
Abstract
Kurikulum merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang secara langsung memengaruhi kualitas proses dan hasil pembelajaran. Di Indonesia, kebijakan kurikulum pendidikan dasar terus mengalami perubahan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan tantangan global. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis peranan kebijakan kurikulum pendidikan dasar dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif berbasis literatur, artikel ini mengkaji pengaruh kebijakan kurikulum terhadap pencapaian tujuan pendidikan nasional serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam implementasinya. Penelitian ini menemukan bahwa kebijakan kurikulum yang relevan, fleksibel, dan berbasis kebutuhan peserta didik dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara signifikan. Namun, kesuksesan implementasi kebijakan tersebut memerlukan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, guru, dan masyarakat.
References
Depdikbud. (2013). Kurikulum 2013: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan hasil belajar menggunakan media lagu anak dalam pembelajaran ipa sekolah dasar. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 304-314.
Putra, K. T. H., Prananda, G., Meilana, S. F., Silitonga, M., Amon, L., Pertiwi, S., ... & Simorangkir, S. B. (2021). Teori Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
UNESCO. (2021). Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives. Paris: UNESCO Publishing.