PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PACAHAN, DESIMAL DAN PERSEN DI KELAS V SD NEGERI 017 BUKIT PAYUNG

  • Nurhaswinda Nurhaswinda Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Tresia Agustina Sitompul Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Viona Fitriani Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Sati Rahma Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rulia Sari Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Think-Pair-Share di kelas V SD Negeri 017 Bukit Payung, dengan subjek penelitian terdiri dari 29 siswa dan guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan metode pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang kemudian diverifikasi untuk memastikan validitas hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Think-Pair-Share berhasil meningkatkan minat belajar siswa, yang tercermin dari peningkatan perasaan senang, semangat, ketertarikan, perhatian, dan partisipasi dalam pembelajaran matematika. Selain itu, hasil belajar siswa juga meningkat signifikan, dengan lebih banyak siswa yang mencapai KKM. Secara keseluruhan, penelitian ini membuktikan bahwa strategi Think-Pair-Share efektif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang lebih aktif dan menyenangkan, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam matematika.

References

Anggara, Surya, D. 2013. Peningkatan Kualitas Pembelajaran MATEMATIKA Melalui Model Think Pair Share Dengan Media Cd Pembelajaran Pada siswa.
Chen, H. A Comparison Between Cooperative Learning and Traditional, Wholeclass Methods-Teaching English in a Junior College. Academic Journal of Kang-Ning. 3: 69-82.
Danim, Sudarman. 2002. Menjadi Penelti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hanifah, Yunianti. 2013. Penerapan Model Think Pair Share Dengan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berbicara Siswa Kelas III Sdn Karanganyar 2 Semarang.Semarang: UNNES.
Hudojo, H. 1998. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta. Iskandar, H. 2010. Tumbuhkan Minat Kembangkan Bakat: ST book.
Nurhaswinda. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Perkalian Berbantuan Kalkulator Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Palimanan Barat, Cirebon. Jurnal Basicedu, 3(2), 422–427.
Suharsimi, Arikunto, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Sundari, Titik. 2013. Peningkatan Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar Pkn Kelas IV Melalui Penerapan Metode Think Pai Share di SDN Sugiharjo 02 Pati tahun Pelajaran 2013/2014. Surakarta: Universitas Muhammadiyah
Surakarta. Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progesiuanf: Konsep, Landasan, dan Imlpementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Jakarta:
Kencana. Utama, IM. Permadi. Marhaeni, A.A. IN. Putra, I Nyoman Adi Jaya. 2013. The Effect of Think Pair Share Teaching Strategy to Students Self – Confidence and Speaking Competency of The Secoond Grade students of SMPN 6 Singaraja, 1, 9-10.
Published
2025-01-31
How to Cite
NURHASWINDA, Nurhaswinda et al. PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PACAHAN, DESIMAL DAN PERSEN DI KELAS V SD NEGERI 017 BUKIT PAYUNG. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1-6, jan. 2025. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/6084>. Date accessed: 28 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v4i1.6084.